Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara HMI Lampura Desak Pencabutan RUU KUHP dan Revisi UU KPK

HMI Lampura Desak Pencabutan RUU KUHP dan Revisi UU KPK

158
BERBAGI
Suasana demonstrasi dari HMI dan pemuda Lampung Utara di gedung DPRD
Suasana demonstrasi dari HMI dan pemuda Lampung Utara di gedung DPRD

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Ratusan kader HMI dan pemuda Lampung Utara mendatangi gedung DPRD untuk menyuarakan penolakan mereka terhadap revisi UU KPK dan RUU KUHP yang sarat kontroversi.

“Kami minta DPR RI dan Presiden mencabut pengesahan revisi UU KPK dan menolak pengesahan RUU KUHP,” tegas Ketua Umum HMI Lampung Utara, Ade Andre, di depan Kantor DPRD Lampung Utara, , Jumat siang (26/9/2019).

Menurutnya, revisi UU KPK rentan membuat KPK lumpuh dan cenderung menjadi bagian dari eksekutif. Padahal, KPK sedianya diperkuat karena citra baik KPK selama ini cukup mengakar di hati masyarakat.

“Kami tifsk ingin KPK jadi lambang eksekutif. KPK harus diperkuat dan bukannya diperlemah,” tandasnya.

Mengenai RUU KUHP, Ade minta agar dicabut karena sangat tidak prorakyat.

“Banyak pasal – pasal yang mengancam kenyamanan dan kebebasan rakyat!” tegasnya.

Di samping kedua tuntutan itu, HMI juga menuntut Presiden Jokowi untuk menyelesaikan permasalahan kabut asap dan di Sumatera dan Kalimantan, dan menyelesaikan konflik di Papua, serta mencabut Hak Guna Usaha perusahaan yang diduga menyebabkan kebakaran hutan.

“Selesaikan persoalan asap di Sumatera sesegera mungkin dan pecat Menteri Lingkungan Hidup karena gagal menyelesaikan kebakaran hutan,” pintanya.

‎Pantauan di lokasi hingga pukul 14.35 WIB, para demonstran masih berada di lokasi karena menunggu perwakilan DPRD belum menemui mereka. Suasana demonstrasi sendiri berjalan cukup tertib.

Loading...