Beranda News Lingkungan Hore! Ratu, Badak Betina Penghuni SRS Taman Nasional Way Kambas Lahirkan Anak...

Hore! Ratu, Badak Betina Penghuni SRS Taman Nasional Way Kambas Lahirkan Anak Kedua

193
BERBAGI
Bayi badak yang baru dilahirkan Ratu sedang menyusu pada induknya. (Foto: Yayasn Badak Indnesia)

WAY KAMBAS, Teraslampung.com — Ratu, badak sumatera betina penghuni Suaka Rhino Sumatera (SRS) Taman Nasional Way Kambas (TNWK) yang diselamatkan pada tahun 2005, telah melahirkan anak kedua pada  12 Mei 2016.

Seperti halnya kelahiran anak pertama, kelahiran yang kedua ini juga merupakan hasil perkawinannya dengan badak jantan Andalas. Andalas sendiri adalah badak sumatera pertama yang lahir di Kebun Binatang Cincinnati, Amerika Serikat yang dipulangkan kembali ke Indonesia pada tahun 2007. Pada saat ini Andalas berumur 15 tahun. Bayi badak berkelamin betina ini lahir pada pukul 05.40 WIB, dalam kondisi sangat baik tanpa gangguan apa pun.

Ratu menunjukan tanda-tanda akan melahirkan dimulai dari pukul 03.00.  Proses kelahirannya sendiri berlangsung selama 2 jam sampai dengan bayi badak lahir dengan selamat.  Dua jam setelah lahir, bayi badak tersebut sudah mulai berjalan dan menyusu kepada induknya. Kondisi Ratu pasca melahirkan terlihat sangat kelelahan tetapi secara umum terlihat sehat.

Seluruh proses ini diawasi oleh perawat satwa dan dokter hewan SRS yang siap memberikan bantuan jika terjadi hal yang mengkhawatirkan. Tim dokter hewan SRS Drh Zulfi Arsan dan Drh. Ni Made Ferawati, tim dokter dari Kebun Binatang Taronga, Australia dan Kebun Binatang White Oak, Amerika Serikat serta perawat satwa senior dari Kebun Binatang Cincinnati, Amerika Serikat juga ikut mengawal proses kelahiran.

Dengan adanya kelahiran anak badak yang kedua ini membuktikan bahwa program pemeliharaan dan pengembangbiakan yang diterapkan di SRS cocok untuk pemeliharaan badak sumatera. Diharapkan selanjutnya anak badak sumatera yang lahir di SRS semakin banyak.

Sumber: Yayasan Badak Indonesia (YABI)