Horor Paris, Warga Lampung Ini Sebarkan ‘Cek Keselamatan’ Dirinya di Facebook

Bagikan/Suka/Tweet:
Lewat akun Facebook, Rosita Sihombing, alumni jurusan Bahasa Inggris FKIP Universitas Lampung yang sudah lama menetap d Paris melakukan cek keselamatan untuk mengabarkan bahwa dirinya dan keluarganya selamat. 

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com — Penyerangan di tiga di Paris,Prancis pada Sabtu dini hari WIB yang menewaskan ratusan orang benar-benar meneror publik dunia. Keluarga WNI yang tinggal di Paris pun banyak mencemaskan anggota keluarganya.

Kementerian Luar Negeri RI dan Kedubes RI di Prancis pun hingga Sabtu malam masih belum tahu kepastian ada-tidaknya WNI yang jadi korban,

Rosita Sihombing, warga Lampung yang tinggal di Prancis melukiskan serangan itu sebagai teror yang membuat dirinya merinding dan situasi di Paris mencekam. Dalam statusnya di Facebook, Rosita menulia: “Alhamdulillah.Terimakasih teman teman atas perhatiannya. Kami di sini aman. Temn-teman kami juga aman.Salah satu tempat kejadian (stade de France) hanya berjarak 15menit dari kediaman kami. Untungnya semalam hanya keluar untuk les pianonya Ilhan. Semalaman tadi, benar-benar bikin merinding. Entah apa maunya orang-orang yang tidak berperikemnusiaan itu. Situasi mencekam kembali saya rasakan ‪#‎prayforparis‬.”

Sementara itu, beberapa jam setelah kabar serangan yang diklaim sebagai serangan ISIS itu meluas ke penjuru dunia, beberapa WNI yang tinggal di Paris mengabarkan bahwa dirinya lewat cek keselamatan di Facebook.

Cek keselamatan itu di Facebook bernama “Serangan Teror Paris” dan terhubung dengan tautan laman https://www.facebook.com/safetycheck/paris_terror_attacks/.

WNI yang tinggal di Paris bisa menandai dirinya sendiri selamat lewat tautan tersebut. Keluarga atau kawan-kawan WNI itu juga bisa menandai anggota keluarganya dan kawannya selamat setelah melakukan verifikasi lewat telepon atau dunia maya.

Rosita Sihombing, alumni jurusan Bahasa Inggris Universitas Lampung yang bersuamikan warga Prancis,  misalnya, langsung menerima ucaapan selamat dari kawann-kawannya yang tinggal di Lampung maupun di daerah lain di Indonesia setelah cek keselamatan yang dilakukan Rosita diunggag ke Facebook.

Mas Alina Arifin/Bambang Satriaji