Beranda News Nusantara Hujan-Angin Kencang di Palembang: 8 Tiang Listrik Roboh, 135 gardu PLN tak...

Hujan-Angin Kencang di Palembang: 8 Tiang Listrik Roboh, 135 gardu PLN tak Berfungsi, Listrik Padam

440
BERBAGI
Petugas PLN sedang memperbaiki jaringan listrik.
Petugas PLN sedang memperbaiki jaringan listrik.

TERASLAMPUNG.COM — Akibat hujan deras disertai angin kencang pada Minggu (22/12/2019, sebanyak 8 tiang listrik PLN di Kota Palembang roboh karena tertimpa pohon tumbang. Akibatnya: 135 gardu listrik tidak bisa mengalirkan arus listrik sehingga sebagian wilayah Palembang listriknya padam.

PLN Unit Induk Wilayah Sumsel, Jambi dan Bengkulu (S2JB) merilis: 17 titik pohon tumbang antara lain terjadi di daerah Talang Jambe, Talang Keramat dan Sukajadi. Robohnya pohon ini juga menimpa jaringan listrik,

Manajer PLN UP3 Palembang, Nanang Prasetyo mengatakan daerah yang mengalami gangguan listrik cukup parah berada di sekitar Kawasan Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II.

Untuk mempercepat proses perbaikan dan penormalan, kata dia, personel pelayanan teknik dimobilisasi dari PLN Unit Layanan Pelanggan Sukarami dibantu Tim Ranger dari unit Rivai, Ampera, Mariana, Pangkalan Balai serta Sekayu.

“Sebanyak lebih dari 40 personil yang diterjunkan dan melakukan upaya penormalan dan perbaikan sampai dengan saat ini,” katanya.

Selain menerjunkan personil secara masif, untuk mengurangi dampak dan memperkecil area padam, juga dilakukan manuver beban dan pemotongan jalur yang terganggu.

Dia menjelaskan dengan pola manuver dan pemotongan jalur, diharapkan lokasi padam dan jumlah pelanggan yang terdampak dapat diminimalisir sekecil mungkin.

Sampai laporan ini diturunkan, jumlah gardu listrik yang berhasil dinyalakan sebanyak 127 gardu dari total yang padam sebanyak 135 gardu.

“Saat ini progress penormalan sudah mencapai 94%, tinggal tersisa 8 gardu yang masih padam karena perlunya penggantian tiang dan material utama lainnya. Tim berupaya maksimal agar semua bisa kembali menyala malam ini dan semoga kedepan bisa lebih aman,” ujarnya.

Terpisah, Manager Komunikasi PLN Unit Induk Wilayah S2JB, Bakri, mengatakan kejadian padam di beberapa lokasi di Kota Palembang membuat petugas PLN harus berjibaku cukup keras.

“Lokasi terjadinya gangguan banyak dan tersebar di beberapa tempat. Apalagi terjadinya gangguan akibat angin kencang ini secara bersamaan, sehingga petugas di lapangan harus bekerja ekstra keras,” paparnya.

Dia menambahkan, pihaknya mengimbau masyarakat untuk dapat mengijinkan pemangkasan atau pemotongan pohon yang dapat berpotensi mengganggu jaringan listrik.

“Serta kepada pihak-pihak terkait agar membantu menginformasikan jika terdapat pohon, baleho, atau umbul-umbul yang jika ada angin kencang berpotensi roboh mengenai jaringan listrik, sehingga kedepannya hal-hal seperti ini dapat diminimalisir, tentu semua untuk kenyamanan bersama,” ujarnya.

Bisnis

Loading...