Hujan-Angin Kencang Disertai Kilat-Petir Diperkirakan Terjadi di Sebagian Besar Wilayah Indonesia

  • Bagikan
Cuaca di Indonesia berdasarkan citra satelit pada 30 Oktober 2021. Sumber: BMKG
Cuaca di Indonesia berdasarkan citra satelit pada 30 Oktober 2021. Sumber: BMKG

TERASLAMPUNG.COM — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Sabtu (30/10/2021) melaporkan adanau  gangguan cuaca yang berpotensi memicu awan hujan disertai angin kencang di sebagian besar wilayah Indonesia.

Menurut BMKG,daerah konvergensi atau pertemuan angin terdapat di sepanjang Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan bagian selatan, Sulawesi bagian tengah, dan di wilayah Papua juga Nusa Tenggara. Daerah-daerah tersebut berpotensi terjadi peningkatan aktivitas pertumbuhan awan hujan yang perlu diwaspadai masyarakat kala akhir pekan.

BMKG menyebut sejumlah daerah berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat dan angin kencang disertai petir.

Sejumlah wilayah yang mengalami hal tersebut adalah sebagian besar Sumatera, Jawa, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur.

Wilayah yang juga berpotensi mengalami hal tersebut adalah Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan Papua.

Bali, Sulawesi Selatan, dan Papua Barat juga disebut BMKG sebagai wilayah yang berpotensi hujan disertai kilat atau petir serta angin kencang.

Di Sumatera Selatan,  potensi hujan sedang – lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat terjadi pada sore – dini hari di wilayah Banyuasin, Musi Banyuasin, Palembang, Muara Enim, Ogan Ilir, Lahat, PALI, Pagaralam, Empat Lawang, Musi Rawas, Lubuk Linggau, Musi Rawas Utara dan Prabumulih.

Hal serupa berpotensi terjadi di Sumatera Barat; antara lain di Kepulauan Mentawai, Pasaman Barat, Pasaman, Kab. Agam, Bukittinggi, Padang Pariaman, Pariaman, Padang, Kab. Solok, Kota Solok, Pesisir Selatan, Sawahlunto, Sijunjung, Dharmasraya, dan sekitarnya.

Di Jawa Timur,  hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat diperkirakan terjadi pada siang hingga sore hari di wilayah Nganjuk,  Madiun, Trenggalek, Kabupaten Malang, Kabupaten Probolinggo, Lumajang, Jember dan Bondowoso.

Di Jawa Barat, potensi hujan yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang dan sore hingga malam hari di Kab dan Kota Bogor, Kota Depok, Kab dan Kota Bekasi, Kabupaten Karawang, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Indramayu, Kab Subang Kab Purwakarta, Kab dan Kota Bandung, Kab Bandung Barat, Kota Cimahi, Kab Sumedang, Kab Garut, Kab Cianjur, Kab Majalengka.

Lalu Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten dan Kota Cirebon, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Kuningan, Kota Banjar dan Kabupaten Pangandaran.

Pada dini hari di wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupateb Karawang, Kabupaten dan Kota Sukabumi, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Indramayu dan Kabupaten Subang.

Di Jambi, potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah Kab. Tanjung Jabung Timur, Kab. Tanjung Jabung Barat, Kab. Batanghari, Kab. Muaro Jambi, dan Kota Jambi pada pagi dan malam hari.

Di Aceh, potensi hujan lebat dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah  Bireun, Aceh Timur, Aceh Tamiang, Aceh Besar, Banda Aceh, Pidie, Pidie Jaya, Langsa, Lhokseumawe, Aceh Utara, Aceh Barat, Bener Meriah, Aceh Tengah, Gayo Lues, Aceh Jaya. Nagan Raya, Aceh Selatan, Simelue,dan Aceh Tenggarakwari.

 

  • Bagikan