Hujan Gerimis Iringi Pembukaan MTQ Ke-5 Kabupaten Mesuji

  • Bagikan
Pembukaan MTQ di Mesuji, Senin malam (10/11).

MESUJI, Teraslampung.com — Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-5 Tingkat Kabupaten Mesuji digelar pada Senin malam (10/11/2014) di Lapangan Desa Tanjung Menang, Kec. Mesuji Timur.

Hadir dalam acara tersebut Bupati Mesuji, Khamami, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Drs. H. Abdurrahman, M.Ag, serta Unsur Pimpinan Daerah Kab. Mesuji dan pejabat di Lingkup Pemkab Mesuji.

div class="__mango" data-placement="5690">

Dalam acara yang diiringi hujan gerimis tersebut diawali dengan defile masing-masing kafilah yang berasal dari tujuh kecamatan di Kab. Mesuji, antara lain Kec. Mesuji, Mesuji Timur, Panca Jaya, Tanjung Raya, Way Serdang, Simpang Pematang, dan Rawajitu Utara. Pada pelaksanaan MTQ ke-5 Tingkat Kab. Mesuji kali ini diikuti oleh sebanyak 178 peserta, didampingi sebanyak 40 ofisial  dan akan dinilai oleh 40 Dewan Hakim. Adapun cabang-cabang yang akan diperlombakan, antara lain Tilawatil Qur’an, Hifzhil Qur’an, Tafsiril Qur’an,  Fahmil Qur’an, Syarhil Qur’an dan Khottil Qur’an.

Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kab. Mesuji sekaligus Sekretaris Daerah Kab. Mesuji, Drs.  Agus Salim, M.AP. mengatakan bahwa kegiatan MTQ ini merupakan yang kelima kali digelar oleh Pemkab Mesuji. Pada tahun lalu digelar di Desa Sidomulyo, Kec. Tanjung Raya dan pada tahun ini digelar di Desa Tanjung Menang, Kec. Mesuji Timur.

“Kegiatan ini secara rutin kita selenggarakan sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan isi yang tersirat dan tersurat dalam Al-Qur’an, serta menjalin Ukhuwah Islamiyah sesama kita,” terangnya.

Sementara itu dalam sambutannya, Bupati Mesuji, Khamami berharap kegiatan ini dapat dijadikan sebagai wahana untuk meningkatkan minat baca kita sebagai umat Islam terhadap kitab suci Al-Qur’an.

“Melalui Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ini diharapkan agar seluruh umat muslim khususnya di Kabupaten Mesuji akan lebih memahami, menghayati, dan mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an demi terciptanya masyarakat yang memiliki kepribadian Islami dan berakhlak mulia,” ujarnya.

Usai acara pembukaan, selanjutnya Bupati Mesuji beserta rombongan mengunjungi berbagai stand dari perwakilan SKPD dan masing-masing kecamatan yang berada di sekitar lokasi MTQ. Rencananya MTQ ke-5 Kab. Mesuji Tahun 2014 ini digelar selama 3 hari, yakni tanggal 10-12 November 2014.

Dewira/R

  • Bagikan