Beranda Teras Berita HUT RI Unik: Sang Saka Merah Putih Dikibarkan di Bawah Laut

HUT RI Unik: Sang Saka Merah Putih Dikibarkan di Bawah Laut

194
BERBAGI
Pengibaran Sang Saka Merah Putih di bawah laut Pantai Gapang, Sabang, Aceh, 17 Agustus 2014. (dok atjehpost.co)
SABANG, Teraslampung.com — Peringatan HUT RI dengan cara unik dilakukan para anggota TNI AL dan mahasiswa pencinta selam. Mereka menggelar upacara bendera di bawah laut Pantai Gapang, Sabang, Provinsi Aceh, yang menjadi kawasan Titik Nol Indonesia, Minggu siang (17/8). Kegiatan upacara untuk memperingati HUT ke-69 RI itu menggunakan dua Kirby Morgan Bandmask (2 KMB) yang dipakai Inspektur Upacara dan Komandan Upacara, sehingga bisa berkomunikasi dua arah. 
Ketua panitia pelaksana Aceh Diving Competition (ADC) Octowandi, mengatakan upacara juga direkam melalui CCTV dari bawah laut, sehingga bisa disaksikan langsung oleh  masyarakat dari atas Kapal Angkatan Laut Simeulu milik TNI Angkatan Laut Sabang. 
Bertindak sebagai Inspektur Upacara Danlantamal I Belawan Laksamana TNI Pulung Pambudi dan Komandan Upacara  Danlanal Sabang Kolonel Laut (P) Imam Musani, SE. 
“Sebanyak 200 peserta akan ikut dalam kegiatan upacara pengibaran bendera di bawah laut ini, dan lebih dari 100 orang di antaranya akan menjadi peserta di bawah laut, ini merupakan upacara lengkap selayaknya upacara pengibaran bendera yang dilakukan di lapangan di darat,” kata Octo, dalam siaran persnya, Minggu (17/8).
Octo mengatakan upacara pengibaran bendera bawah laut ini dilakukan di kedalaman 10-15 meter. Total waktu upacara selama 30 menit. “Peserta tidak hanya berasal dari Aceh, tetapi juga dari Pontianak, Bandung dan Medan. Selain anggota TNI,  mereka adalah mahasiswa penghobi olahraga selam. 
Menurut Octo, meskipun berlangsung singkat dan dilakukan di dalam air, upacara HUT RI di bawah laut kali ini termasuk upacara lengkap. Artinya, semua tahap upacara peringatan HUT dilaksanakan; mulai laporan komandan upacara, pengibaran Sang Saka Merah Putih, hingga amanat inspektur upacara.
Octo mengaku, selain untuk memperingati HUT RI, kegiatan langka dan unik ini dilakukan sebagai upaya untuk memperkenalkan potensi bawah laut yang dimiliki Pulau Weh yang merupakan kawasan nol kilometer Indonesia.
Danlantamal I Belawan,  Laksamana TNI Pulung Pambudi,  mengaku sangat puas bisa menggelar upacara HUT RI di laut untuk pertama kalinya. Menurut Pulung, pihaknya sudah terbiasa menggelar upacara bendera di darat sehingga tidak terlalu sulit untuk menggelar upacara di dalam laut.
“Bedanya, para petugas upacara harus pas dalam menghafal tempo. Pada saat bendera harus dikibarkan, maka petugas harus mengibarkan bendera pada saat yang tepat,” kata dia.
Sebelumnya, pengibaran bendera merah putih dalam rangka HUT RI pernah digelar pada 2013 lalu  oleh para mahasiswa Universitas Syiah Kuala Banda Aceh yang tergabung dalam Ocean Diving Club Unsyiah, Mereka menggelar upacara pengibaran bendera merah putih di bawah Laut Iboih, Sabang dalam rangka peringatan HUT ke-68 RI.
Sumber atjehpost.co/DBS
Loading...