Bisnis  

Idul Fitri 1443 H, Delapan Bank Layani Penukaran Uang Pecahan di Halaman Kantor Perwakilan BI Lampung

Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG — Delapan bank di Lampung membuka layanan penukaran uang pecahan  lewat Drive Thru Walk Thru di halaman Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Rabu ( 27/4/2022).

Kegiatan pelayanan penukaran uang pecahan kecil drive thru dan walk thru ini merupakan bagian dari Program Serambi Rupiah Ramadhan dan Idul Fitri 1443 Hiriyah. Layanan drive thru dan walk thru di depan kantor BI dibuka selama dua hari, Rabu dan Kamis (27—28/4/2022).

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Budiyono secara resmi membuka pelayanan penukaran uang pecahan kecil drive thru-walk thru. Dalam sambutannya, Budiyono mengatakan, pada layanan drive thru dan walk thru ini ada delapan bank yang terlibat, yakni Bank Lampung, Mandiri, BNI, BRI, BTN, BCA, CIMB Niaga, dan BSI.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada teman-teman bank yang telah membantu BI memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sebelumnya, kita juga sudah melakukan layanan kas keliling penukaran uang pecahan di Pasar Panjang, dan Pelabuhan Bakauheni untuk melayani penumpang yang mudik,” kata Budiyono.

Selain itu, kas keliling BI juga melakukan layanan penukaran uang pecahan ke kantor-kantor pemerintahan, dan pasar-pasar tradisional.

“Sekarang, kita buka layanan disini, ada dua, bisa jalan kaki, bisa pakai motor dan mobil. Ini bagian layanan kepada masyarakat untuk menambah kegembiraan. Gembira boleh mudik, gembira bertemu keluarga, menambah kegembiraan itu dengan uang kecil yang baru-baru,” ujar Budiyono.

Dia menjelaskan, layanan drive thru dan walk thru dilakukan secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Warga bisa menukar uang pecahan kecil di both manapun, tidak harus di both bank nasabah. Layanan dilakukan mulai pukul 8.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB.

Budiyono menyatakan, layanan penukaran uang pecahan ini merupakan tugas BI dalam memenuhi kebutuhan uang kartal dalam bentuk pecahan kecil dalam kondisi baik kepada masyarakat.

Hingga hari ini, realisasi penukaran uang pecahan baru BI mencapai Rp3,4 triliun atau 81 persen dari target Rp4 triliun. Nilai ini naik 2,1 persen dibandingkan tahun lalu.

Mas Alina