Bisnis  

Idul Fitri 1444 H, BI Siapkan Rp4 Triliun untuk Penukaran Uang

Bagikan/Suka/Tweet:

TERASLAMPUNG.COM — Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung menyiapkan uang tunai sebesar Rp4 triliun untuk penukaran uang saat Ramadan 1443 Hijriah.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung, Tony Noor Tjahjono mengatakan jumlah uang tunai yang disiapkan tersebut meningkat 21,21 persen dibanding tahun lalu yakni Rp3,3 triliun.

“Penyediaan kebutuhan uang tunai tersebut telah memperhatikan berbagai asumsi makroekonomi terkini dan kondisi terkait penyebaran pandemi Covid-19,” kata Tony Noor Tjahjono, Kamis (7/4).

Menurutnya, masyarakat dapat melakukan penukaran melalui Layanan Kas Keliling Bank Indonesia dengan melakukan pemesanan penukaran melalui aplikasi penukaran PINTAR (https://pintar.bi.go.id).

“Bisa juga datang ke outlet penukaran uang di seluruh perbankan Provinsi Lampung. Ada 169 titik,” ujarnya.

Lanjutnya, layanan penukaran uang telah dibuka dari 4 April hingga 29 April. Uang kertas pecahan yang disiapkan yakni Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu, Rp2 ribu dan Rp1.000.

“Setiap masyarakat dapat menukarkan uang tersebut masing-masing sebanyak 1 pak (100 lembar) dengan jumlah maksimal penukaran sebesar Rp3,8 juta,” jelasnya.

Ia berharap kepada perbankan untuk dapat mengajak masyarakat untuk senantiasa mengenali ciri-ciri keaslian Rupiah dan merawat uang Rupiah sebagai bentuk Cinta Rupiah.

“Menjaga Rupiah yang merupakan simbol kedaulatan negara sebagai bentuk bangga Rupiah, dan mengenal fungsi Rupiah dalam konteks mendorong aktivitas perekonomian sebagai bentuk paham Rupiah,” ujarnya.

Diketahui, BI Provinsi Lampung membuka layanan penukaran disejumlah pasar di Bandar Lampung seperti Pasar Panjang pada 7 April, Pasar Tengah dan Pasar Bambu Kuning pada 14 April, Pelabuhan Bakauheni pada 19 April, Pasar Tugu pada 21 April, Pelabuhan Bakauheni pada 26 April, Pasar Gudang Lelang dan Pasar Kangkung pada 28 April.

You cannot copy content of this page