Beranda News Pers IJTI Lampung akan Gelar Uji Kompetensi Jurnalis

IJTI Lampung akan Gelar Uji Kompetensi Jurnalis

299
BERBAGI
Ketua IJTI Lampung, Aris Susanto

Zainal Asikin|Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Untuk kali pertama, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengurus daerah (Pengda) Lampung akan menggelar Uji Kompetensi Jurnalis Televisi (UKJ TV) di Aula Tapis Pemkot Bandarlampung, Jumat – Minggu (7 – 9 April 2017).

Uji kompetensi yang akan digelar tersebut khusus bagi para jurnalis televisi baik yang bekerja di stasiun TV lokal maupun nasional.

Ketua IJTI Pengurus daerah (Pengda) Lampung, Aris Susanto, mengatakan UKJ kali ini akan diikuti sebanyak 15 jurnalis dari berbagai media yang bekerja di televisi nasional maupun lokal. Para jurnalis tersebut akan diuji kemampuannya berdasarkan tingkatannya, yakni untuk tingkat muda, madya, dan utama.

Tim penguji dalam UKJ TV tersebut berasal dari IJTI Pusat yang sudah mendapat sertifikasi sebagai penguji khusus Jurnalis Televisi dan akan dipimpin oleh Jamalul Insan, Ketua Bidang Kompetensi dan Diklat IJTI.

Dalam peraturan Dewan Pers 1/Peraturan-DP/II/2010 tentang Standar Kompetensi Wartawan disebutkan, Uji Kompetensi Wartawan atau Jurnalis bertujuan untuk mengukur standar kompetensi jurnalis meningkatkan kualitas dan profesionalitasnya.

Selain itu, UKJ TV juga bisa menjadi acuan dalam mengevaluasi kinerja para jurnalis oleh perusahaan pers, menjaga harkat dan martabat jurnalis pada kedudukan strategis dalam industri pers.

Menurut Aris Susanto, UKJ ini merupakan bagian dari IJTI dalam meningkatkan profesionalisme para jurnalis televuisi.

“Ya pelaksanaan UKJ TV ini, memang baru pertama digelar. Harapannya, melalui UKJ TV ini bisa menghasilkan jurnalis televisi yang ada di Lampung berkompeten sesuai dengan jenjang yang akan diikuti,”ujarnya, Rabu (5/4/2017).

Dikatakannya, ada sekitar 15 Jurnalis televisi baik nasional maupun lokal yang akan mengikuti UKJ TV tersebut, pelaksanaan UKJ TV ini, dilaksanakan di Aula Tapis Pemkot Bandarlampung selama tiga hari kedepan, Jum’at sampai Minggu (7-9 April 2017).

Untuk waktu pelaksanaan, kata Aris, pembukaan Jumat (7/4/2017) malam dimulai sekitar pukul 19.00 hingga pukul 23.00 WIB. Kemudian, pada Sabtu (8/4/2017) dimulai sekitar pukul 08.00 sampai 22.00 WIB. Jika tidak memungkinkan di hari kedua, akan dilanjutkan Minggu malamnya.

“Mudah-mudahan, pelaksaan UKJ TV tersebut selesai dilaksanakan dalam waktu dua hari,”jelasnya.

Ditegaskannya, kegiatan UKJ TV tersebut, tidak hanya kali ini saja digelar. Kedepannya, UKJ TV ini akan terus digelar sampai semua jurnalis televisi di Lampung yang bekerja di media nasional ataupun lokal berkompeten semua.

Loading...