Ikuti Forum APEC, Presiden Jokowi Berpeluang Gaet Investor

  • Bagikan
Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana tiba di Beijing, Sabtu petang (8/11).Foto: BBC

JAKARTA, Teraslampung.com —  Presiden Joko Widodo memiliki kesempatan besar untuk meraih kepercayan dari para pemimpin negara dan menarik investor dalam Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik APEC yang digelar di Beijing 10-11 November.

Direktur Institute for Development Economy and Finance (INDEF) Enny Sri Hartati mengatakan forum APEC ini sangat strategis dan merupakan peluang untuk menyakinkan para investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia, apalagi Indonesia memiliki banyak momentum pada saat ini.

“Indonesia memiliki pemimpin yang baru , dan mempunyai arah kebijakan ekonomi yang baru dan banyak memiliki agenda penting untuk dapat dipromosikan ke dunia internasional yang tentu kepentinganya kepada para investor , nantinya bisa dengan perjanjian Government to Government atau Bussiness to Bussiness, “ jelas Enny kepada wartawan BBC Indonesia, Sri Lestari.

Enny mengatakan Presiden Jokowi juga harus meyakinkan investor untuk berinvestasi di Indonesia dengan menunjukkan komitmen untuk menghilangkan hambatan investasi yang selama ini dialami para penanam modal.

“Bahwa ada komitmen yang konrit dan serius dari kabinet baru itu untuk lebih investor friendly, artinya menghilangkan dan juga menyederhanakan berbagai macam kendala investasi yang ingin masuk ke Indonesia, ini momentum yang paling urgent dimanfaatkan oleh Pak Jokowi,” jelas Enny.
Agenda Apec

Dalam KTT APEC 2014, Indonesia memiliki tiga agenda utama, seperti disampaikan Kementerian Luar Negeri.

Juru Bicara Kemenlu Michael Tene menjelaskan ada tiga agenda yang dibawa Jokowi dalam KTT APEC. Pertama, terkait terbentuknya suatu masterplan konektivitas, atau keterhubungan, antara negara-negara APEC, terutama untuk pengembangan infrakstruktur.

“Kedua, presiden akan membawa isu maritim. Jadi dalam kerjasama APEC, Indonesia mendorong agar kelautan menjadi salah satu isu utama dalam pembahasan berbagai kerja sama di berbagai bidang,” jelasnya

Ketiga, tentang pengembangan produk, yang memiliki manfaat bagi masyarakat Indonesia.
Di sela-sela forum APEC, Jokowi juga diagendakan melakukan pertemuan bilateral dengan sejumlah kepala negara yaitu Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Presiden Rusia Vladimir Putin, dan Perdana Menteri Jepang Sinzho Abe.

Pekan depan, Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menghadiri ASEAN Summit di Myanmar dan KTT G20 di Australia.

Sumber: BBC

  • Bagikan