Informasi Pelanggaran Pemilu, Bawaslu Lampung Utara Minta Panwascam Turut Sampaikan ke Publik

Konsolidasi pengawasan dalam fungsi kehumasan pada tahapan pemilu tahun 2024 yang dilaksanakan oleh Bawaslu Lampung Utara di aula Hotel Cahaya Kotabumi. Selasa (6/12/2022).
Konsolidasi pengawasan dalam fungsi kehumasan pada tahapan pemilu tahun 2024 yang dilaksanakan oleh Bawaslu Lampung Utara di aula Hotel Cahaya Kotabumi. Selasa (6/12/2022).
Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Badan Pengawas Pemilu Lampung Utara meminta para Panwascam (Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan) untuk menginformasikan pada publik setiap temuan atau laporan yang ada. Dengan demikian, publik dapat terus mengikuti perkembangan seputar kedua hal tersebut.

“Publik layak untuk mengetahui temuan atau laporan yang sedang ditangani. Penyampaian informasi itu menjadi tanggung jawab dari Divisi Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Humas Panwascam,” kata anggota Bawaslu Lampung Utara, Abdul Kholiq di sela ‎kegiatan konsolidasi pengawasan dalam fungsi kehumasan pada tahapan pemilu tahun 2024 di aula Hotel Cahaya Kotabumi, Selasa (6/12/2022).

Pihaknya menyadari di era digital seperti saat ini, arus informasi dapat dengan mudah mengalir ke masyarakat setiap waktu. Meski demikian, tentunya tak semua informasi yang diterima itu akan benar – benar sesuai dengan realita yang ada.‎ Kondisi ini jelas harus dipahami dengan baik oleh para Panwascam khususnya yang membawahi divisi mengenai hal tersebut jelang Pemilu tahun 2024.

“‎Jadi, penting untuk diketahui jika laporan atau temuan itu tidak hanya disampaikan ke pimpinan, tapi juga harus disampaikan ke publik,” jelasnya.

Ia menjelaskan, tujuan utama dari pelaksanaan konsolidasi ini ‎agar seluruh Panwascam dan staf kesekretariatan mampu memahami dengan baik tugas pokok dan fungsinya masing – masing khususnya mengenai informasi. Jangan sampai masyarakat dapat informasi hanya sepotong – sepotong.

‎”Muaranya, tentu pada peningkatan partisipasi masyarakat dalam mengawasi jalannya Pemilu mendatang sehingga akan benar – benar sesuai harapan,” kata dia.

Di tempat sama, Koordinator Kesekretariatan Bawaslu Lampung Utara, Dwi Hendro Nugroho menuturkan, kegiatan yang mereka laksanakan ini untuk menjalankan amanat Undang – Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Peraturan Bawaslu nomor 1 tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Jenderal Bawaslu, Sekretariat Bawaslu Provinsi dan Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota serta Sekretariat Panwascam.

“P‎engelolaan kehumasan dan media sosial Panwascam diharapkan akan lebih optimal setelah kegiatan ini,” harapnya.