Beranda Ekbis Bisnis Ini 12 Hotel, Restoran, dan Tempat Wisata di Lampung yang Tutup karena...

Ini 12 Hotel, Restoran, dan Tempat Wisata di Lampung yang Tutup karena Virus Corona

427
BERBAGI
Director of Sales and Marketing (DOSM) Corp Emersia Rafizon Chaniago
Emersia Hotel and Resort

Dandy Inbrahim | Teraslampung

BANDARLAMPUNG — Sebelas hotel dan satu rumah makan di Lampung tutup sementara sebagai dampak pendemi Corona. Beberapa hotel yang menutup sementara bisnisnya karena tingkat hunian hotel merosot tajam hingga  80 persen

“Anggota kami yang terdampak serius karena pendemi virus Corona ini ada 11 hotel dan satu rumah makan yang menyatakan tutup sementara. Hotel-hotel itu ada yang bintang empat, tiga dan non bintang dan rata-rata tingkat hunian mereka merosot tajam antara 70 sampai 80 pesen,” jelas Wakil Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Lampung, Raban, di Bandarlampung, Senin, 6 April 2020.

Dia menjelaskan, hotel-hotel yang tutup sementara itu disebabkan sudah tidak mampu lagi menutupi biaya operasionalnya.

“Kalau masih 60 persen hotel masih bisa beroperasi. Kalau sudah 30 atau 20 persen tingkat hunian, hotel bisa dipastikan merugi. Dari pada rugi lebih baik tutup sementara sampai kondisi ekonomi membaik,”ungkapnya.

Upaya melakukan efisiensi serta melakukan permintaan pengurangan pajak sudah dilakukan oleh PHRI Lampung ke pemerintah. Namun, kata dia, ternyata buat sebagian hotel hal itu tidak membantu.

“Kami (PHRI) sudah mengajukan permohonan ke gubernur untuk meminta pengurangan pajak pajak penerangan jalan, PPH21 dan 25 serta BPJS tenaga kerja serta Pajak air tanah,” katanya.

“Gubernur Lampung merespons dengan baik dengan mengimbau ke kabupaten/kota melakukan pengurangan pajak serta retribusi sampah,” ungkap Raban.

Pria yang sehari-hari menjabat Manajer Operasional Hotel Bukit Randu menjelaskan, hotel tetap bisa berjalan dengan cara melakukan efisiensi biaya dan energi.

“Siang ini kami matikan AC di ruang lob. Selain bisa membunuh kuman juga untuk menghemat listrik,” katanya.

“Sedangkan untuk karyawan kami membagi menjadi tiga, seorang karyawan bekerja sepuluh hari kemudian digantikan karyawan lainnya dan seterusnya. Sedangkan yang kontrak sementara kami rumahkan dulu,” ujarnya.

Daftar hotel, restoran, dan tempat wisata di Lampung yang tutup sementara  menurut PHRI Lampung:

1. Hotel Yunna
2. Hotel Sheraton
3. Kampung Wisata Tabek Indah
4. Swissbel Hotel
5. Rumah Makan Rumah Kayu
6. Hotel Bandara Syariah
7. Hotel Sahid
8. Nusantara Syariah
9. Hotel Emersia
10. Hotel Marcopolo
11. Lembah Hijau
12. Suak Sumatera Resort

Loading...