Ini Agenda Dirjen PPKTrans Saat Sambangi Kabupaten Kapuas

  • Bagikan
Kunjungan Dirjen PPKTrans Aisyah Gamawati dan tim di Kawasan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, 10 - 11 September 2021/Foto: dok PPKTrans

TERASLAMPUNG.COM, Kapuas – Dirjen PPKTrans Aisyah Gamawati mengunjungi Kawasan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah pada 10 – 11 September 2021.

Didampingi oleh Direktur Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Heriyanto, dan Direktur Pelayanan Investasi Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Supriadi, Dirjen Aisyah meninjau progres pekerjaan peningkatan mess pengelola kawasan di Selat Hulu, Kapuas.

Proyek yang dikerjakan dengan APBN Tahun Anggaran 2021 itu ditargetkan selesai sebelum bulan November dan diharapkan sudah berfungsi sebagai basecamp bagi pihak-pihak lintas sektor yang terlibat dalam pekerjaan ketransmigrasian di Kawasan Dadahup, Kabupaten Kapuas, khususnya yang terkait program Pemulihan Ekonomi Nasional.

Kemudian Dirjen Aisyah meninjau lokasi RMP di Dadahup A2 dan calon lokasi demonstration plot integrated farming yang dikerjakan berkolaborasi dengan perguruan tinggi. Demplot tersebut diharapkan dapat menjadi pilot project untuk desa korporasi pertanian terpadu di lokasi yang termasuk dalam program PEN Ketahanan Pangan.

Hari kedua, Dirjen Aisyah bersama Direktur Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Heriyanto, dan Direktur Pelayanan Investasi dari Ditjen PEI Supriadi, singgah di Desa Rawa Subur, eks permukiman transmigrasi Dadahup C3.

Di lokasi itu, Dirjen Aisyah bersama rombongan meninjau hamparan lahan yang rencananya akan dijadikan calon lokasi demonstration plotting integrated farming yang dikerjakan berkonsultasi dengan tenaga ahli dari Bogor, Jawa Barat.

Selain itu, Rombongan juga menyempatkan berdialog dengan warga setempat, khususnya pengurus BUMDesa yang berfokus menyelesaikan kendala yang mereka alami dalam proses pendaftaran BUMDesa ke dalam sistem dari Kementerian Desa PDTT.

Dirjen Aisyah bersama para Direktur dan Kepala Dinas Transmigrasi Kabupaten Kapuas juga melihat salah satu unit usaha dari BUMDesa Rawa Subur berupa budi daya bekicot. Unit usaha ini dipandang sebagai salah satu usaha yang kreatif.

Selanjutnya Dirjen Aisyah melanjutkan agenda ke lokasi rice milling plant (RMP) di Desa Petak Batuah eks permukiman transmigarsi Dadahup A2.

Di tengah perjalanan menuju lokasi RMP, rombongan melewati jalan nonstatus yang sedang dikerjakan peningkatannya menggunakan anggaran dari APBN Tahun 2021.

Jalan ini merupakan penghubung utama dari Desa Bina Jaya (Dadahup A1) ke Desa Petak Batuah (Dadahup A2). Jalan yang ada kondisinya terlalu sempit untuk dilalui kendaraan bersimpangan sehingga akan dilakukan peningkatan.

Dirjen Aisyah mendengarkan penjelasan dari kontraktor yang mengerjakan bahwa pekerjaan ditargetkan akan selesai sebelum bulan November 2021.

Sesampainya di RMP yang terletak di Desa Petak Batuah Dadahup A2, Aisyah mengamati proses pekerjaan yang berlangsung di RMP.

Dirjen juga berdiskusi dengan pengurus RMP terkait proses bisnis, kendala, dan tantangan yang dihadapi dalam mengelola RMP.

RMP di Desa Petak Batuah Dadahup A2 disiapkan untuk mendukung Proyek Strategis Nasional Ketahanan Pangan dalam rangka Pemulihan Ekonomi Nasional.

  • Bagikan