Ini Alasan Ketua DPRD Lampura Izinkan Demonstran Masuki Ruang Sidang

Para mahsiswa berada di ruang sidang DPRD Lampung Utara saat unjuk rasa, Kamis (14/4/2022). Foto: Teraslampung.com/Feaby Handana
Para mahsiswa berada di ruang sidang DPRD Lampung Utara saat unjuk rasa, Kamis (14/4/2022). Foto: Teraslampung.com/Feaby Handana
Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Ketua DPRD Lampung Utara, Romli mengakui bahwa perintah untuk mengizinkan demonstran masuk ke ruang sidang paripurna itu berasal darinya. Tujuannya supaya tidak terjadi bentrok fisik antara pihak kepolisian dan para demonstran.

BACA: Mahasiswa Pengunjuk Rasa Duduki Ruang Paripurna DPRD Lampura

“Sebagai wakil rakyat yang diberi amanah oleh rakyat, saya tidak ingin melihat rakyat saya bentrok dengan pihak kepolisian terkait hal itu,” tegas Ketua DPRD Lampung Utara, Romli, Kamis (14/4/2022).

Keputusan ini diambilnya setelah mendapat laporan dari ‎Kepala Subbagian Humas dan Protokol Sekretariat DPRD (Rahadian Aksa). Saat itu, bawahannya tersebut melaporkan jika negosiasi mengalami kebuntuan. Kebuntuan negosiasi ini membuatnya terpaksa mengambil jalan tengah.

Jika tetap tak diizinkan, ia khawatir bentrokan fisik tak akan dapat terelakan. Sebab, di sisi lain, pihak kepolisian memiliki standar operasi ‎untuk melindungi dan mengamankan gedung pemerintah dari kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi. Meski mengizinkan, namun ia terlebih dulu memastikan jika massa yang masuk ke dalam tak akan melakukan hal – hal yang tidak diinginkan.

‎Untungnya, koordinator lapangan menjamin bahwa mereka tidak akan melakukan aksi anarkis maupun merusak fasilitas di dalam ruang sidang paripurna, dan semata-mata hanya ingin melihat tempat wakilnya bekerja maka ia langsung perintahkan Kasubbag Humas untuk mengizinkan mereka untuk memasuki ruangan tersebut.

“Alhamdulillah, dan terima kasih pada adik – adik mahasiswa yang telah menepati janji mereka. Itu dibuktikan dengan masih terjaganya dengan baik seluruh fasilitas yang ada selepas mereka meninggalkan ruangan,” terang politisi asal Partai Demokrat ini.

Apa yang disampaikannya diharapkannya dapat meluruskan isu tentang demonstran yang menduduki gedung DPRD Lampung Utara. Sebab, masuknya para demonstran ke dalam gedung rakyat itu atas izinnya.

“Apresiasi tinggi saya berikan pada pihak kepolisian yang telah bekerja secara profesional dalam mengamankan jalannya aksi demonstrasi,” kata dia.