Ini Alasan Pemkab Pesawaran Bangun GOR dan Museum Tapis

  • Bagikan
Johnny Corne

TERASLAMPUNG.COM, PESAWARAN — Rencana Pemerintah Kabupaten Pesawaran meminjam dana ke  PT Sarana Multi Insfrastruktur (SMI) (Persero ) untuk pembangunan Gelanggang Olah Raga (GOR) dan Museum Tapis sudah melalui proses panjang dan penuh perhitungan.

Hal tersebut diungkapkan mantan anggota DPRD yang saat ini sebagai salah satu personil Staf Khusus Kebijakan Daerah Kabupaten Pesawaran, Johnny Corne.

“Pertama saya luruskan, bahwa pinjaman PT SMI itu koridornya tidak bisa untuk membangun perkantoran, sehingga tidak relevan jika membandingkannya dengan pertanyaan kenapa harus GOR, kenapa tidak kantor. Hal itu karena memang Pemkab tidak bisa memakai dana  pinjaman untuk membangun kantor,” ungkap Johnny, Selasa (16/11/2021) melalui sambungan telepon.

Selain itu, kata Johnny, pembangunan GOR juga mempertimbangkan keunggulan wilayah, prestasi olah raga, dan potensi pariwisata Pesawaran. dimiliki, dinilai sangat tepat untuk sesegera mungkin membangun Museum Tapis dan Pusat Kegiatan Olah Raga di Kabupaten Pesawaran.

“Sudah dengan pertimbangan matang kenapa GOR dan Museum Tapis, karena dua item itu dinilai pilihan yang paling mampu memiliki daya ungkit ekonomi pasca pandemi. Sebab, kita tahu Pesawaran merupakan kabupaten penyangga ibukota dan memiliki keunggulan di bidang pariwisata,” kata dia.

“Jadi ya dipilihlah infrastruktur yang dapat memancing pengunjung datang. Museum Tapis nantinya tentu menjadi tempat wisata, apalagi kita tahu tapis merupakan ikon Lampung,” tambahnya.

Sedangkan GOR, menurut Johnny,  merupakan impian dari warga masyarakat Kabupaten Pesawaran sejak lama, karena Pesawaran memiliki potensi atlet olahraga yang sangat baik.

“Selain itu, dengan berdirinya infrastruktur tersebut dapat menumbuhkan UMKM lebih cepat. Baik Museum maupun GOR berkaitan karena di dua titik itu akan meningkatkan kunjungan orang dan menciptakan pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat,” jelasnya.

“Jadi efek yang dihasilkan dari infrastruktur tersebut akan lebih besar dibanding bunga yang dihasilkan dari pinjaman Pemkab ke PT SMI itu,” katanya.

Johnny mengagatakan, rencana membangun GOR dan Museum Tapis dengan dana pinjaman dari PT SMI sudah disahkan di DPRD Kabupaten Pesawaran.

“Pembangunan GOR dan Museum Tapis  dengan pertimbangan matang dan memiliki konsep untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat,” tandasnya.

Rajo Husen

  • Bagikan