Beranda News Lingkungan Ini Bupati-Walikota-Perusahaan Penerima Penghargaan Lingkungan Hidup dari Gubernur

Ini Bupati-Walikota-Perusahaan Penerima Penghargaan Lingkungan Hidup dari Gubernur

108
BERBAGI
Penyerahan Penghargaan Lingkungan Hidup 2016 oleh Gubernur Lampung Ridho Ficardo.

BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com — Gubernur Lampung Ridho Ficardo memberikan penghargaan kepada para kepala daerah dan perusahaan di Lampung yang dinilai berperan dalam kelestarian lingkungan di Provinsi Lampung. Penghargaan yang diberikan dalam rangka hari LIngkungan Hidup ini diserahkan di Gedung Kwarda Pramuka, Bandar Lampung, Kamis pagi (2/6/2016).

Gubernur berharap hal ini terus ditingkatkan dan menjadi motivasi Pemerintah daerah dan Perusahaan lainnya, untuk meningkatkan fokus kepada kelestarian lingkungan hidup.

“Alam yang Tuhan berikan harus dijaga untuk keberlangsungan kehidupan. Tuhan memberikan alam bukan untuk dieksploitasi habis-habisan, melainkan adalah untuk keberlangsungan kehidupan kita. Situasi hari ini begitu banyak kejadian alam yang terjadi adalah pembelajaran bagi kita atas kerusakan alam,” kata Gubernur.

“Jangan kita merusak alam hanya karena motif ekonomi,” Gubernur menambahkan.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur juga memberikan penghargaan Kalpataru kepada Supardji warga Kotabumi, Lampung Utara. Supardji dinilai  berjasa melestarikan lingkungan serta berhasil menyejahterakan masyarakat sekitar dan membuka lapangan pekerjaan melalui pengomposan pupuk tanaman.

Penghargaan Kalpataru juga diverikan kepada Kelmpok Tani HKM Bina Wana, Lampung Barat, yang berhasil menggerakan masyarakat untuk melestarikan hutan.

Gubernur menerima pula bantuan CSR yang diberikan perusahaan kepada Pemprov Lampung dari beberapa perusahaan diantaranya dari PT Pertamina Gheotermal Energy (PGE) area Ulu Belu. CSR diberikan  PT PGE untuk bidang Infrastruktur, berupa perbaikan jl Pulau Panggung – Muara Dua (16 Km) dan Pekon Muara Dua – Ngarip (3,2 Km) atau senilai total 33 Miliar.

Beberapa perusahaan juga memberikan CSR-nya untuk pemberdayaan masyarakat dan kelestarian lingkungan, diantaranya PT Pemuka Sakti  Manis Indah, PT Japfa Comfeed, PT Gunung Madu Plantations, PT Coca Cola Bottling Plant, PT Bukit Asam, dan BPLHD Provinsi Lampung.

Penghargaan tersebut dibagi beberapa kategori. Antaral lain kategori Kinerja Pemkab/Pemkot dalam Pengelolan Sampah, Kebersihan, dan Keteduhan, Konsisteni Pemkab/Pemkot dalam Penyediaan Daya SLHD, kategori Konstistensi Pemkab/Pemkot dalam Penegakan Hukum Lingkungn Hidup, Kinerja Pemerintah Kab/Kota dalam Melakukan Pemantauan Kualitas Lingkungan,  Kinerja Pemkba /Pemkot dalam Mengoptimalkn Laboratorium Lingkungan  sesuai SNI 17025-2008.

Berikut adalah Bupati/Walikota/Perusahaaan penerim penghargaan dari Gubernur:

1. Penerima Penghargaaan Kinerja Pemkab/Pemkot dalam Pengelolan Sampah, Kebersihan, dan Keteduhan: Bupati Lampung Barat, Bupati Lampung Utara, Bupati Lampung Selatan.

2. Penerimaa Penghargaan Kinerja Pemerintah Kab/Kota dalam Penyediaan data SLHD: Walikota Metro, Bupati Pringsewu, dan Bupati Lampung Barat.

3. Penerima Penghargaan untuk  Konsistensi Pemerintah Kab/Kota dalam mengupayakan penegakan hukum lingkungan hidup: Bupati Tuba dan Bupati Waykanan.

4. Penerima Penghargaan  Kinerja Pemerintah Kab/Kota dalam melakukan Pemantauan Kualitas Lingkungan: Walikota Bandar Lampung  dan Bupati Lampung Tengah.

5. Penerima Penghargaan Kinerja Pemerintah Kab/Kota dalam Mengoptimalkan Laboratorium Lingkungana  sesuai SNI 17025-2008: Walikota Bandarlampung dan Bupati Lampung Selatan.

6. Penerima Penghargaan untuk Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan lingkungan hidup berperingkat PROPER HIJAU: PT SIL, PTPN VII, PT Indo Lampung Perkasa, PT Sumber Indah Perkasa MILL Sungai Buaya.

7. Penerima Penghargaan untuk Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup Sektor Agroinduatri berperingkat PROPER BIRU Plantations:

PT Coca Cola Bottling Indonesia Lampung Plan, PT Nestle Indonesia Factory Panjang, PT Umas Jaya Agro Tama Terbanggi Besar, PT Sumber Indah Perkasa Katibung.

8. Penerima Penghargaan untuk Kinerja Perusahaan dalam pengelolaan Lingkungan hidup sektpr pertambangan energi dan migas (PEM) berperingkat PROPER BIRU:

PT Pertamina Geothermal Energy Ulu Belu Tanggamus. PT Pertamina Terminal Bahan Bakar Minyak Depo Pelabuhan Panjang, PT AKR Corporindo.

9. Kinerja Perusahaan dalam Lingkungan Hidup Sektor Manufaktur Prasana dan Jasa PROPER BIRU: RS Urip Sumoharjo dan RS Immanuel Bandarlampung,