Beranda Pendidikan Iptek Ini Cara Aman Berfoto Selfie saat Gerhana Matahari Total

Ini Cara Aman Berfoto Selfie saat Gerhana Matahari Total

247
BERBAGI
Proses gerhana matahari total (Getty Images)

BANDARLAMPUNG, Teraslampug,com — Rabu, 9 Maret 2016, fenomena gerhana matahari total akan berlangsung di sejumlah wilayah di Indonesia.

Dengan berkembangnya teknologi, tak sedikit orang yang ingin mengabadikan fenomena alam yang langka ini, dengan perangkat canggih yang dimilikinya, seperti kamera digital atau pun kamera smartphone.

Para ilmuwan kesehatan mengimbau jangan melakukan selfie saat gerhana matahari total. Sebab itu akan berdampak langsung terhadap mata dengan risiko permanen. Salah satunya dapat mengakibatkan terjadinya solar maculopathy atau penghancuran pusat retina, disebabkan oleh radiasi matahari.

Ilmuwan spesialis mata asal The Royal College of Opthalmologists dari Inggris, mengungkapkan, melihat gerhana matahari total tersebut, tak ubahnya seperti melihat matahari seperti biasanya.

Seperti diketahui, matahari 400 ribu kali lebih terang dari bulan purnama dan empat triliun kali lebih terang dari bola lampu berkekuatan 100 watt. Dengan demikian, lapisan luar mata bisa melepuh atau letak karena sinar ultraviolet, layaknya seperti kulit terbakar di bawah sinar matahari

Simak tipsnya berikut ini agar aman mengabadikan fenomena langka itu.

1. Saat foto, jangan lihat gerhana dengan mata telanjang

Ketika gerhana matahari total sedang berlangsung, jangan lihat sinar gerhana secara langsung. Mungkin Anda memang tidak merasakan mata Anda sakit pada saat itu. Akan tetapi, Anda akan merasakan dampaknya di beberapa hari kemudian.

Efek sinar matahari dapat membakar titik pusat di bagian retina dan memberikan efek “after image”. Hal ini sangat berbahaya dan membuat Anda kesulitan untuk melihat sekitar.

Hal ini juga diperkuat oleh salah satu data yang dilaporkan Rumah Sakit Mata Moorfields, Inggris, di mana jumlah pasien dengan kerusakan mata setelah gerhana matahari di 1999 meningkat pada Jumat, 20 Maret 2015.

2. Berhati-hatilah ketika Anda mencoba untuk melihat gerhana

Sinar gerhana tetap akan “membakar” mata Anda ketika mencoba mengabadikan momen tersebut, tetap gunakan kacamata pelindung ketika Anda sedang mengambil foto gerhana.

Jika Anda mengenakan kacamata pelindung, coba lihat gerhana yang akan Anda ambil fotonya lewat layar kamera atau smartphone Anda, setidaknya hal ini dapat melindungi mata Anda dari sinar gerhana.

3. Selfie membelakangi gerhana

Semua orang pasti dapat melakukan selfie kapan pun dan di mana pun, tetapi pada saat momen gerhana matahari total, sangat dianjurkan untuk tidak melakukan foto selfie bersama teman-teman di depan gerhana matahari secara langsung.

Jika Anda ingin tetap mengabadikan diri Anda dengan momen gerhana matahari total, setidaknya coba lakukan selfie dengan membelakangi gerhana.

Hasilnya memang tidak akan terlihat secara jelas karena wajah Anda akan terkena backlight dan menjadi gelap. Namun akan menghasilkan efek foto silhouette yang membelakangi sinar gerhana matahari.

4. Gunakan Lensa Astrosolar

Untuk menghindari silaunya sinar gerhana matahari yang begitu intens, ada baiknya Anda melindungi kamera dengan lensa astrosolar.

Lensa ini dapat melindungi kamera Anda dengan mengurangi sinar yang datang ke kamera dan tentunya dapat mempertajam image gerhana matahari yang Anda abadikan lewat kamera.

5. Gunakan filter

Peneliti astronomi Observatorium Bosscha Moedji Raharto serta peneliti dari Lembaga Penerbangan dan Astronomi Nasional (Lapan) Rhorom Priyatikanto menyatakan sebaiknya tidak menggunakan kamera ponsel untuk ber-selfie.

Rhorom mengatakan, jika ingin mendapatkan foto Matahari yang bulat tanpa terkena silau cahaya, kamera harus dilengkapi dengan filter.

“Ada pula contoh selfie yang aman buat ponsel dan pandangan kita. Salah satunya yang paling populer selfie di bawah bayang-bayang pohon,” tutur Rhorom. seperti dilansir CNN Indonesia.

Selfie yang dimaksud Rhorom di sini agak berbeda dari swafoto pada umumnya yang menampilkan wajah menggunakan kamera depan. Rhorom mengacu pada foto diri sendiri yang diambil dalam posisi membelakangi arah gerhana.

batamnews.co.id

Loading...