Ini Cara Jitu agar Terhindar dari Serangan Malware “Gadis Mabuk Mencabuli Sebatang Pohon”

  • Bagikan
Malware gadis mabuk (dok/net)

TERASLAMPUNG.COM–Sejak awal Desember , program jahat(malware)  bertajuk “Gadis Mabuk” benar-benar membuat banyak pemilik akun Facebook benar-benar ‘mabuk’.

Malware berupa jebakan seolah-olah video gadis cantik mabuk dikerjai pria yang pura-pura menolongnya peredarannya sangat cepat. Cepatnya peredaran malware itu kemungkinan bsar karena pemilik akun yang diserang malware terserang secara iseng atau sengaja mengklik tautan yang ditunjukkan malware bergambar wanita muda mabuk berpose vulgar.

Perusahaan keamanan jaringan, Vaksincom, melansir bahwa malware ini terlihat sudah beredar di Facebook  sejak 3 Desember 2014 lalu.  Vaksincom memperkirakan sudah ada lebih dari 2.000 akun pengguna yang terinfeksi program jahat tersebut.

“Malware yang menyamar menjadi ekstensi tersebut akan membuat akun Facebook korbannya melakukan auto-posting malware “Gadis Mabuk” di wall Facebook.Pembuatnya kemungkinan besar memakai teknik dengan memanfaatkan ekstensi Google Chrome,” kata Alfons Tanujaya, seorang analis di Vaksincom.

Menurut Alfons, salah satu kunci keberhasilan dari malware ini adalah karena pembuatnya pintar menghindari penggunaan app Facebook. Akibarnya, tim keamanan Facebook pun kebobolan dan tidak bisa menghapus  malware tersebut.

Alfons mengatakan, cara terjitu dan mudah untuk terbebas  dari serangan “Gadis Mabuk” adalah tidak mengklik tautan “Gadis Mabuk” di Facebook.

Extension Google Chrome ini memiliki lebih dari satu versi. Ekstensi yang beredar saat ini adalah versi kedua dengan nama “Atas Berita”. Selain dengan judul kiriman “Gadis Mabuk Cabuli Sebatang Pohon”, ada juga judul “Santri Mabuk Berat Setelah Pesta” dengan gambar dengan gambar seorang gadis mabuk di sebuah tempat tidur sebuah hotel. Tampak seorang pria sedang mengerjai ‘gadis’ tersebut. Sedangkan di sisi kanan tempat tidur tampak beberapa botol minuman keras ada di atas meja kecil.

Situs tersebut memiliki desain mirip dengan YouTube. Pemilik akun Faebook yang jadi sasaran malware ini akan  diminta untuk memasang sebuah plugin bernama “Atas Berita” agar segera  menonton video tersebut. Banyak pemilik akun Facebook menjadi korban dengan berbagai sebab. Terbanyak adalah karena terlalu awam, iseng, atau karena penasaran.

Jika korban mengklik tautan video yang disarankan penjahat siber, maka  akun Facebooknya akan langsung bisa mengirimkan tautan serupa kepada banyak kawan-kawan lainnya di Facebook seolah-olah dikirim langsung oleh pemilik akun.

“Rupanya di sinilah rahasia kesaktian ‘gadis mabuk’ yang mampu melakukan posting menggunakan akun Facebook dari korbannya karena ekstensi ini memiliki hak untuk ‘membaca dan mengubah semua data Anda di situs web yang dikunjungi’,” tulis Alfons.

“Cara lainnya adalah dengan menghapus ekstensi Atas Berita di Google Chrome. Supaya akun FB Anda tidak dijadikan ajang selfie oleh ‘gadis mabuk’, segera uninstal ekstensi Chrome yang menjadi biang keladi tersebut,” tandas Alfons.

Beberapa korban yang segera mengklarifikasi bahwa bukan dirinya yang mengirimkan tautan “Gadis Mabuk”. Antara lain mantan Pemred Tribun Lampung Uki M. Kurdi dan mantan Pemred Lampung Post Djadjat Sudradjat. Uki langsung bisa mengatasi masalah, meski sampai sekarang tautan berjudul “Gadis Mabuk Mencabuli Sebatang Pohon” masih tampak terlihat di dinding Facebooknya. Sedangkan Djadjat hingga Minggu dini hari (21/12) masih bingung tentang cara menghapus kiriman tersebut.

Bagaimana jika pemilik akun Facebook terlanjur mengklik tautan “Gadis Mabuk?”, berikut langkah-langkah yang dianjurkan:

1. Buka peramban Google Chrome.
2. Akses ekstensi Chrome  dengan mengetik “chrome://extensions” (tanpa tanda petik dua).
3. Cari ekstensi dengan nama “Atas Berita” atau ekstensi lain yang dianggap mencurigakan.
4. Klik gambar tempat sampah di sebelah kanan dan klik tombol Hapus pada kotak “Konfirmasi Penghapusan”.
5. Restart Google Chrome
6. Ganti password akun Facebook.

Dewira

  • Bagikan