Ini Cara Nelayan Payang Padang di Pantai Sukaraja Bandarlampung Mengakali Sulitnya Mendapatkan Ikan

  • Bagikan
Nelayan Payang Padang menarik jaring yang sudah dekat pantai di Gudang Agen, Telukbetung Selatan.

Dandy Ibrahim | Teraslampung.com

Bandarlampung — Nelayan payang padang  — mencari ikan dipantai dengan menebar dan menarik jaring — yang selama ini hanya beroperasi di Pantai Sukaraja ternyata mereka juga mencari ikan di Pantai Gudang Agen, Telukbetung Selatan, Kota Bandarlampung. Hal itu mereka lakukan karena di Pantai Sukaraja yang banyak sampah sudah sulit lagi  untuk mendapatkan ikan.

“Di pantai Sukaraja sedang tidak ada ikan, makanya kami coba ke Gudang Agen yang jaraknya 3 km dari Sukaraja. Kami bawa tiga perahu mesin tempel ke sini. Siapa tahu di sini ada ikannya,” kata Bowo, nelayan Sukaraja, di Pantai Gudang Agen, Kamis 26 Agustus 2021.

Bowo mengaku Pantai di Gudang Agen, lebih bersih dibandingkan pantai Sukaraja yang sudah banyak sampahnya.

Soal ikannya,  kata Bowo,sama saja: hanya ikan musiman.

“Kemarin kami menarik jaring di sini. Tidak ada ikan yang kami dapat. Sukaraja sama di sini sama saja.Ikan yang ketangkep cuma ikan yang lewat saja,” jelasnya.

Bowo mengaku hari ini lumayan ia mendapatkan empat kotak besar ikan layur dan campuran dan langsung dibeli pengumpul sekitar Rp1,5 juta. Setelah dikurangi biaya operasional dan dibagi dengan beberapa awak kapal, per orang mendapatkan penghasilan Rp75 – Rp80 ribu.

Parto, juga nelayan payang padang, mengatakan para nelayan kini makin sulit mendapatkan ikan bukan hanya karena pantai yang banyak sampah, tetapi juga karena banyaknya aktivitas kapal yang lewat. Belum lagi dengan adanya kapal tongkang yang sandar.

Semua itu membuat ikan tidak mau menepi. Sementara dengan hanya mengandalkan perahu kecil, tidak mungkin nelayan menjaring ikan hingga ke tengah pantai.

“Di sini kami tidak bisa memasang jaring jauh-jauh karena banyak kapal kecil yang lewat. Kami takut jaring kami kena kapal. Selain itu, ada satu kapal tongkang yang lagi sandar di tengah.Kalau kapal itu mau menyingkir sedikit saja, kami bisa pasang jaring,” kata Parto.

Menurut Parto, jika hari libur praktis para nelayan jaring seperti dia tidak bisa mencari ikan karena banyak orang yang berwisata ke pantai.

“Banyak orang yang berenang di sini. Soalnya airnya di sini bersih,” jelas Parto.

Memang Pantai Gudang Agen air lautnya lebih bersih di banding Sukaraja.Namun, untuk mencapai pantai Gudang Agen jalannya masih tanah dan melawi area pohon bakau.

Junedi, seorang nelayan payang padang di Sukaraja,  menjelaskan payang padang merupakan cara mencari ikan yang dibawa oleh masyarakat nelayan asal Sumatera Barat puluhan tahun yang lalu.

“Seingat saya dulu yang mencari ikan seperti ini nelayan asal Sumbar yang mengenalkan cara mencari ikan seperti ini,” jelasnya.

Caranya, perahu bermesin tempel membawa jaring dari pantai ke laut yang jaraknya bisa sampai 5 km. Setelah perahu menaruh jaring dan kembali ke pantai, jaring mulai ditarik oleh nelayan yang banyaknya bisa sampai 12 orang.

 

  • Bagikan