Beranda Teras Berita Ini Dia Caleg yang Tanda Tangan Pakta Integritas

Ini Dia Caleg yang Tanda Tangan Pakta Integritas

241
BERBAGI
Dr. Siti Nurbaya (Partai Nasdem) menandatangani Pakta Integritas sebagai caleg Pemilu 2014, di Hotel Sahid Bandarlampung, Jumat malam (14/3). Kegiatan tersebut digelar Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Forrmappi) didukung Komite Anti Korupsi (Koak) Lampung.
Mas Alina Arifin/Teraslampung.com

Bandarlampung--Selain menjadi ajang perkenalan, silaturahmi, diskusi, dan curah pendapat, acara Penandatanaganan Pakta Integritas yang digelar Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia  (Formappi), Jumat malam (14/3) di Bandarlampung juga sebagai sosialisasi pentingnya integritas individu caleg dan komitmen caleg untuk berjuang secara baik dan akuntabel jika menjadi legislator.

“Kegiatan seperti ini perlu dikembangkan. Ini luar biasa, karena para caleg yang mungkin baru saja kenal dan  bertemu, berasal dari partai berbeda, secara bersama-sama berkomitmen untuk menandatangani Pakta Integritas. Penandatanganan Pakta Integritas tidak menjawab seluruh masalah terkait akuntabilitas politik, tetapi ini sangat perlu dilakukan,” kata Lucius salah satu pengurus Formappi.
.
Penandatanganan pakta integritas oleh caleg DPR RI, DPRD I dan DPRD II. Dimulai dengan pembacaan Deklarasi Pakta Integritas yang dipimpin oleh Itet T. Soemarjanto (caleg DPR RI dari PDI-Perjuangan) yang diikuti oleh para caleg DPR RI, DPRD I dan DPRD II dan disaksikan oleh peserta Deklarasi Pakta Integritas.

Isi Pakta Integritas itu berupa deklarasi atau jani caleg untuk; (1) melaksanakan politik yang bersih dari politik uang dan transaksional, (2) peduli terhadap masyarakat dan lingkungan, (3) mendukung transparansi dan akuntabilitas politik dalam kampanye, (4) caleg yang melanggar siap menerima sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Penandatanganan Pakta Integritas dilakukan secara sukarela. Caleg yang hadir tidak harus menandatangani Pakta. Para caleg yang menandatangani Pakta Integritas malam tadi ada 11 caleg DPR RI dan 3 caleg DPRD Lampung. Merereka adalah:

1. Djajat Sudrajat (Nasdem)
2. DR. Siti Nurbaya (Nasdem)
3. Itet T. Soejamantri (PDI P erjuangan)
4. Hj. Syahnidar H (Demokrat)
5. Hj. Ida Fatma Yuliana (PAN)
6. Irfan Nurdaya Djafar (PAN)
7. Muhammad Khadafi (Hanura)
8. Ismail (PBB)
9. FX. Karamoy (Hanura)
10. Eddy Setyoko (Hanura)
11. Ir. H. Vidi Galeno Syarief (Hanura) 

Sedangkan penandatanganan pakta integritas oleh DPRD Provinsi Lampung sebanyak 3 orang, yakni  :

1. Juanda Cahya Putra (Gerindra)
2. Erika (Nasdem)
3. Mahdalena (PBB)
Loading...