Ini Hasil Pilkades Serentak 2021 di Kecamatan Sidomulyo Lamsel

  • Bagikan
Pilkades Sidorejo, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, Kamis (28/10/2021).
Pilkades Sidorejo, Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan, Kamis (28/10/2021).

Zainal Asikin |Teraslampung.com

LAMPUNG SELATAN—Hasil penghitungan suara pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak gelombang I 2021 di Kabupaten Lampung Selatan khususnya di wilayah Kecamatan Sidomulyo digelar hari ini, Kamis (28/10/2021). Proses penghitungan suara di masing-masing desa tersebut, telah dilaksanakan sehingga calon kepala desa (Cakades) terpilih di masing-masing desa tersebut telah diketahui.

Berikut ini hasil penghitungan suara Pilkades serentak gelombang pertama 2021 di wilayah Kecamatan Sidomulyo, Lampung Selatan:

  1. Di Desa Sidorejo, calon kepala desa (Cakades) nomor 1, Sutiyanto memenangkan kontestasi Pilkades dengan memperoleh dukungan sebanyak 3.137 suara. Sementara rivalnya, Fitri Sugianti yang tak lain adalah istrinya memperoleh 330 suara. Dari total 5.498 suara, yang hadir sebanyak 3.553 dan pemilih tidak hadir sebanyak 1.945 dan surat suara rusak nihil (0).
  2. Desa Sukabanjar, Cakades nomor urut 1, yakni Muhsani berhasil memenagkan Pilkades tersebut dengan memperoleh 1.039 suara. Sementara pesaingnya yakni Drs. Sarikam (Ikong) nomor urut 2 memperoleh dukungan 892 suara, Basri Ibrahim nomor urut 3 memperoleh 297 suara dan Dwi Fauzan Anwar nomor urut 4 memperoleh 667 suara.
  3. Di Desa Banjarsuri, Rojulin yang merupakan petahana dengan nomor urut 1, kalah dari pesaingnya yakni Sugianto Cakades nomor urut 2 yang mendapat banyak dukungan dari masyarakat. Rojulin memperoleh dukungan 378 suara, sedangkan Sugianto mendapat dukungan tertingi sebanyak 804 suara dan calon nomor urut 3 yakni Ahmaruddin memperoleh 603 suara.
  4. Di Desa Bandar Dalam, dalam kontestasi Pilkades di desa tersebut, perolehan suara hanya terpaut dua suara saja antara petahana Suyadi (Acuy) nomor urut 1, memperoleh 1.275 suara dan pesaingnya Antoni nomor urut 2 memeperoleh dukungan 1.273 suara. Karena hasil suara Pilkades hanya terpaut dua suara, warga Desa Bandar Dalam belum menerima mengenai hasil suara tersebut. Bahkan, sempat terjadi ketegangan adu mulut saat berada di Kantor Desa Bandar Dalam, padahal hasil rekapitulasi penghitungan belum di sahkan oleh panitia Pilkades.

Karena sempat terjadi ketegangan, tak lama kemudian Kapolsek Sidomulyo Iptu Ilham Effendi bersama Camat Sidomulyo Herman Suheri dan beberapa personel Pam Kemananan Pilkadesa dari TNI-Polri tiba di Kantor Desa Bandar Dalam untuk menenangkan warga.

Petugas kemudian  membawa kotak suara itu ke Kantor Kecamatan Sidomulyo untuk diamankan, agar tidak terjadi hal-hal yang didinginkan dan ketegangan warga berlangsung kondusif.

Selanjutnya untuk penghitungan rekapitulasi suara hasil Pilkades Bandar Dalam, akan dilakukan pada Jumat (29/10/2021) di Kantor Kecamatan Sidomulyo. Dengan demikian, hasil perolehan suara untuk pemenang Pilkades Bandar Dalam belum bisa ditentukan hasilnya.

Diketahui, kontestasi Pilkades serentak gelombang I 2021 Kabupaten Lampung Selatan, terdapat 84 Desa yang tersebar di 17 Kecamatan. Sementara untuk kandidat Cakades kontetasi Pilkades serentak gelombang I 2021 di wilayah Kecamatan Sidomulyo, sebanyak 11 kandidat dari empat Desa.

Pilkades tersebut, Tempat Pemungutan suara (TPS) terdapat di masing-masing Dusun dengan menerapkan protokol kesehatan (Prokes) saat berlangsungnya pencoblosan. Hal itu dilakukan untuk mencegah kerumunan, karena masih dalam keadaan situasi pandemi Covid-19.

  • Bagikan