Beranda News Nusantara Ini Jalur Tengah Menuju Jalan Utara Tegal-Brebes-Cirebon yang tidak Banyak Diketahui Pemudik

Ini Jalur Tengah Menuju Jalan Utara Tegal-Brebes-Cirebon yang tidak Banyak Diketahui Pemudik

8985
BERBAGI
Jalan alternatif jalur tengah Jawa Tengah di wilayah barat dari Slawi (Tegal) -Jatibarang-Sitanggal-Ketanggungan-Pejagan.

TERASLAMPUNG.COM –– Sejak zaman Gubernur Jenderla Daendels, pemerintah Hindia Belanda tampaknya memberikan perhatian yang lebih pada jalan di jalur utama Pulau Jawa. Buktinya, lewat kerja rodi yang menyebabkan banyak korban meninggal dunia,

Gubernur Jenderal Daendels menjalankan proyek jalan utama dari Anyer (Banten) hingga Panarukan (Jawa Timur). Jalan itulah yang hinngga sekarang dikenal sebagai jalur pantai utara (Pantura) Pulau Jawa. Wilayah yang dilalui jalan itu memang berada di dekat Pantai Utara Laut Jawa.

Selama beratus tahun, hingga berakhirnya era Orde Baru, jalan pantura nyaris mendapatkan perhatian lebih dibanding jalan di wilayah selatan Pulau Jawa. Jalur selatan ini menghubungkan Banten – sejumlah kabupaten di Jawa Barat lalu melintasi perbatasan Jawa Tengah (Cilacap) – Kebumen – Purworejo – Yogyakarta – Solo- lalu masuk ke Jawa Timur mulai Madiun – Jember- Pacitan, dan seterusnya.

Beberapa tahun terakhir pembangunan jalan tol di Pulau Jawa — termasuk Jawa Tengah — memang lumayan masif. Namun, adanya jalan tol tidak menjamin kemacetan tidak menghantui pemudik. Contoh nyatanya adalah “tragedi mudik di jalan tol” di ruas tol Brebes timur pada saat masa mudik Idul Fitri 2016. Banyak pemudik yang meninggal dunia kala itu karena mobil terjebak macet di jalan tol.

Maka itu, ada baiknya juga para pemudik mengatahui peta jalan di luar jalan tol biar tidak tersesat atau repot saat akan mudik ke kampung halaman.

Di jalur selatan Jawa Tengah sebenarnya ada juga jalan yang dulu dibangun Daendels dan disebut juga sebagai Jalan Daendels. Yakni ruas di wilayah Kebumen-Purworejo-Yogyakarta. Jalan sepanjang ini benar-benar ruas jalan di tepi pantai selatan. Namun, jalur ini kurang diketahui pemudik.Bahkan, pemudik yang tempat kelahirannya di Jawa Tengah, Yogya, dan Jawa Timur.

Selama ini mereka hanya tahu bahwa jalur selatan yang relatif nyaman dan mudah (dari arah timur) adalah dari Yogya, masuk Kota Purworejo, Kebumen, Banyumas, Cilacap, Banjar, Nagrek, dan seterusnya.

Atau ketika sudah sampai Banyumas, banyak pemudik masuk ke jalur tengah wilayah Jawa Tengah bagian barat, yakni Purwokerto, Bumiayu, Brebes, Cirebon, dan seterusnya. Atau Purworkerto, Bumiayu, kemudian lewat jalur alternatif Prupuk (Tegal), masuk wilayah Larangan (Brebes), Pejagan (Brebes), Cirebon, dan seterusnya.

Peta Google: Ruas jalan Jatibarang – Ketanggungan – Pejagan

“Musim” mudik Lebaran 2016 membuktikan bahwa di jalur meskipun di Jawa Tengah sudah ditambah beberapa ruas jalan tol, termasuk jalan tol dari Brebes-Pemalang-Rembang (jalur utara), kemacetan tetap terjadi. Selain kemacetan sangat parah di jalan tol Brebes Timur (perbatasan Tegal), kemacetan parah juga terjadi di jalur alternatif Pejagan-Prupuk. Bahkan, beberapa pemudik dikabarkan meninggal di perjalanan karena kelelahan.

BACA: “Horor” Mudik Lebaran, 17 Orang Meninggal di Jalan Tol dan Jalan Alternatif di Brebes

Pemudik yang paham wilayah Jawa Tengah bagian tengah dan barat sebenarnya bisa melewati jalan alternatif lain. Memang, jalannya tidak semulu jalan alternatif Prupuk-Pejagan. Namun, jalan alternatif yang tidak banyak diketahui pemudik ini sangat nyaman dan aman karena juga beraspal dan lebar. Jalan itu tak lain adalah jalan di Slawi (Kabupaten Tegal) lalu lurus ke barat melewati Jatibarang (Kabupaten Brebes).

Sesampai di Jatibarang ada dua alternatif: mau masuk Kota Brebes dan lewat Jalan Daendels atau lurus ke barat melewati Desa Sitanggal – Slatri – Ketanggungan – belok kanan ke Pejagan, terus ke Cirebon lewat jalan Daendels atau dilanjutkan lewat jalan tol Cipali.

Selama ini jalan di ruas Jatibarang-Brebes relatif lebih lancar karena jalannya lebih lebar dibanding jalur Jatibarang-Sitanggal-Slatri-Ketanggungan-Pejagan yang rawan macet di ruas Ketanggungan-Pejagan. Namun, jika ruas di dalam Kota Brebes itu sendiri macet, maka jalan Jatibarang-Sitanggal-Slatri-Ketanggungan-Pejagan tetap bisa jadi alnatif terbaik.

Jika khawatir ada kemacetan di ruas Ketanggungan-Pejagan, sesampai di perempatan Pasar Sitanggal pemudik bisa mengambil jalan ke arah selatan melintasi Tegalglagah – Banjaratma – Pasar Bawang Klampok – lalu ke barat ke Cirebon lewat Jalan Daendels.

  B. Satriaji/Dewira/Oyos Saroso HN

Loading...