Beranda Ruwa Jurai Way Kanan Ini Jejak Pengabdian Wakil Bupati Way Kanan Edward Antony

Ini Jejak Pengabdian Wakil Bupati Way Kanan Edward Antony

1065
BERBAGI
Wakil Bupati Way Kanan, Dr. Edward Antony. Foto: Pemkab Way Kanan

TERASLAMPUNG.COM — Wakil Bupati Way Kanan Edward Antony meninggal dunia di RSU Abdul Moeloek Bandarlampung, Minggu, 16 Agustus 2020 pukul 04.49 WIB.

Meninggalnya orang nomor dua di Way Kanan ini menyisakan duka mendalam bagi warga Way Kanan. Ungkapan duka cita dan doa pun membanjiri linimasa  media sosial sejak selepas subuh tadi.

Dilansir laman Pemkab Way Kanan, Edward Antony yang lahir di Muara Enim, Sumatera Selatan pada Oktober 1960 memiliki jejak karir dan pengabdian kepada negara yang lumayan panjang. Ia merintis karier dari bawah hingga dipercaya masyarakat Way Kanan menjadi wakil bupati mendampingi Bupati Raden Adipati Surya (2016-2021)

Setelah menamatkan pendidikan dasar di SD Kristen Bandarjaya, Lampung Tengah, Edward kemudian melanjutkan pendidikan sekolah lanjutan di  SMP Negeri Poncowati, Lampung Tengah. Pendidikan SLTA ia selesaikan di SMEA Muhammadiyah Kota metro.

Edward Antony kemudian melanjutkan pendidikan sarjana pada PLS STKIP Muhammadiyah Kotabumi. Lalu  dilanjutkan Strata Dua pada STIE IPWI Jakarta. Gelar doktornya diraih dari Universitas Padjajaran (Unpad).

Menikah dengan Hj. Thurismawati, Edward antony dikaruniai empat orang anak:  dr.Amelya Augusthina Ayusari, Achmad Agung Bramtihalley, S.E., M.M, Ami Amanda Chitra Pahlawani dan Ayu Aisyiah Desyriyani.

Peraih penghargaan Lencana Panca Warsa Lima Tahun 2014 dan Satya Lencana 30 Tahun dari Presiden Republik Indonesia itu pernah menjabat sebagai Penjabat Kepala Bagian Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan, Kasubag APK, dan Camat Way Tuba.

Berikutnya Edwar Antony pernah juga menjabat Kepala Bagian Keuangan Setdakab Way Kanan, Kepala Dinas P2KA dan Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten.

Untuk Kemajuan Kabupaten Way Kanan, tepat pada Tanggal 07 Juli 2018 Edward Antony mengajuan Pensiun sebagai Pegawai Negeri Sipil untuk terjun kedunia Politik mencalonkan diri menjadi Calon Wakil Bupati Way Kanan 2016-2021 mendamping Raden Adipati Surya sebagai calon Bupati.

Pemilhan Bupati Dan Wakil Bupati Way Kanan 09 desember 2015 yang silam masyarakat Way Kanan mempercayakan pasangan yang dijuluki berani itu untuk memimpin Way Kanan yang ditetapkan pada Rapat Pleno terbuka penetapan pilkada Way Kanan 22 Desember 2015 denga perolehan sura 136.691 Sura atau 59, 76 Persen

Pada 17 Februari 2016, Raden Adipati surya dengan Edward Antony resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Way Kanan oleh Gubernur Lampung Ridho Ficardo.

Mendampingi Bupati Raden Adipati Surya, Edward Antony bahu-membahu untuk mewujudkan Way Kanan maju dan berdaya saing, pembangunan infrastruktur khususnya jalan poros sepanjang 666 Kilometer menjadi prioritas program kerja.

Berbagai gebrakan juga dilakukan dengan terus meningkatkan disiplin kinerja aparatur sipil negara (ASN) hingga pemberantasan narkoba.

Pada Senin, 8 Oktober 2018, Edward Antony tepat berusia 58 tahun. Bberbagai elemen masyarakat berbondong-bondong mengunjungi rumah dinasnya di kompleks perkantoran Way Kanan. Itu merupakan wujud kecintaan dan rasa sayang warga kepada Edward.

Harapan masyarakat Way Kanan agar Edward tetap melanjutkan pembanguan bersama Raden Adipati Surya pun pupus pada hari ini. Allah lebih menyayangi Edward. Ia wafat sebelum genap berusia 60 tahun.