Ini Kata Para Tokoh Soal Pakaian Adat Lampung Pepadun yang Dikenakan Presiden Jokowi

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM — Lampung mendadak jadi trending topic setelah pada hari istimewa, Upacara HUT ke-76 Kemerdekaan RI di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021), Presiden Joko Widodo mengenakan  pakaian adat Lampung.

BACA: Ini Penjelasan tentang Pakaian Adat Lampung yang Dikenakan Presiden Jokowi pada Upacara Peringatan HUT ke-76 RI

Selain kepala negara, Menteri BUMN Erick Thohir yang berdarah Lampung juga memakai pakaian adat Lampung lengkap dengan topi adat atau kikat memghiasi kepala keduanya orang penting negeri ini. Dia sudah dua kali memakainya pada upacara HUT ke-75 Kemerdekaan RI sekaligus mengenang asal ayahnya.

“Saya sebagai putra daerah Lampung langsung mengenalkan pakaian kekayaan adat budaya Lampung,” ujar Menteri BUMN, Erick Thohir, Selasa (17/8/2021).

Dia menjelaskan baju adat yang dipakainya berupa baju lengan panjang, celana panjang, sarung tumpal, sesapuran, kopiah, dan khikat akhir. Sarung tumpal ditenun dengan benang emas.

“Kita sebagai warga Lampung patut bangga atas apa yang diperlihatkan Presiden Jokowi dan Erick Thohir sehingga adat kita lebih dikenal,” ujar Budayawan Anshori Djausal yang terlibat penyiapannya.

Ary Meizari Alfian, ketua Apindo Lampung dan juga ketua Pejuang Bravo Lima Lampung Ary Meizari Alfian, mengungkapkan sukacitanya melihat Presiden Jokowi dan Menteri BUMN Erick Thohir memakai pakaian adat Lampung.

“Saya secara khusus mengucapkan sangat berterima kasih dan penghargaan tinggi kepada keduanya yang sudah membawa nama Lampung semakin mendunia dari sisi fashion,” katanya.

Novel Sanggem, pengasuh podcast “Cawoekam” yang banyak mengangkat budaya Lampung, mengatakan pakaian yang digunakan Erick Thohir sangat khas Lampung, khususnya Lampung Pepadun.

Kain tapi yang dipakai Erick Thohir terlihat wibawa, mewah, dan kharismatik dengan sulam benang emas khas masyarakat adat Lampung Pepadun antara lain Megoupak Tulangbawang, Waykanan, dan Pubian.

Pegiat budaya Lampung itu menjelaskan bahwa pakaian adat yang dipakai Erick Thohir memang biasa dipakai dalam setiap prosesi adat yang terdiri dari kiket manuk meghem dan sarung tapis.

Sekretaris Dewan Kesenian Lampung (DKL) Bagus S Pribadi, dia merasa turut bangga melihat Erick Thohir memilih pakaian adat Lampung tampil di acara kenegaraan yang istimewa, yakni upacara peringatakan kemerdekaan RI.

“Saya melihat Erick Thohir yang berdarah Lampung namun besar dan tumbuh di luar daerah seakan telah meneguhkan jati dirinya penuh bangga sebagai ulun Lampung,” ujar pencipta lagu tersebut.

 

  • Bagikan
You cannot copy content of this page