Ini Langkah Bijak Menerima Informasi Terkait Demo 4 November 2016

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM — Informasi tidak selalu benar. Bakan informasi yang bersumber dari narasumber atau media yang mengklaim sebagai media terpercaya sekalipun. Juga informasi yang bersumber dari televisi. Meragukan informasi yang belum terverifikasi dengan baik dan benar acapkali bisa menyelematkan kita. Sebalikny, menelan begitu saja informasi bisa membuat kita dan orang lain susah.

Pada harin ini, terkait demo besar-besaran di Jakarta, diyakini akan sangat banyaj informasi ‘dimuntahkan’ televisi lewat siaran langsung dan laporan media online lewat ‘kutip sana-sini’.

Di Indonesia, unjuk rasa adalah bentuk ekspresi yang dilindungi oleh undang-undang. Sebab itu, unjukm rasa yang digelar di Jakarta pada hari ini mestinya dipahakami juga sebagai bentuk ekspresi warga negara yang juga mendapatkan tempat di media. Masalahnya, terkait dengan media, saat ini terlalu banyak sumber informasi yang berkelindan dengan aneka kepentingan dan agenda seting. Meskipun niat unjuk rasa itu mulia, bukan tidak mungkin berpeluang menjadi arena provokasi yang disebabkan simpang siurnya informasoi.

Maka, bagi Anda yang menyimak demo di Jakarta pada hari ini ada baiknya tips yang diberikan netizen Wisnuhardana berikut ini layak diperhatikan. Tidak ada salahnya Anda tahu panduan menerima informasi di rimba silang sengkarut informasi, agar Anda tidak “tersesat”:

1. Jika menerima informasi terkait aksi demo damai 4 November 2016, pastikan sumber medianya terpercaya. Informasi akan berseliweran di gawai/ponsel Anda, yang mungkin akan membuat Anda tidak langsung bisa memastikan kebenarannya.

2. Jika menerima broadcast berkaitan dengan kondisi terkini tapi tidak yakin dengan kebenaran informasinya, info itu bisa langsung dikroscek melalui CCTV. Ini link-nya: http://smartcity.jakarta.go.id/maps/

Pilih menu CCTV Online, lalu masuk ke CCTV milik DISHUB. Ada ratusan CC-TV yang bisa Anda lihat sikon saat itu (real time).
Jika mau kroscek CCTV dari sudut pandang lain pada titik lokasi yang ingin Anda ketahui, bisa juga gunakan www.lewatmana.com lalu pilih kamera di lokasi terdekat.

3. Baca sekali lagi informasinya, croscek dua tiga kali kebenarannya, pikirkanlah tiga empat kali manfaatnya untuk orang lain jika mereka menerima info itu.

4. Berbagilah sebanyak-banyaknya kebaikan ke sekeliling Anda, meski itu kecil saja. Menyortir setiap info yang Anda terima, memastikan kebenarannya, menimbang manfaatnya, akan membuat 4 Nov adalah hari yang menyenangkan untuk Anda dan kita semua.

 

  • Bagikan