Ini Motif di Balik Pencurian Uang dengan Modus Pecah Kaca Mobil di Lampung Utara

  • Bagikan
Andriansyah (kiri), salah seorang tersangka pencurian dengan modus pecah kaca mobil di Rejosari, Kotabumi tertunduk lesu
Andriansyah (kiri), salah seorang tersangka pencurian dengan modus pecah kaca mobil di Rejosari, Kotabumi tertunduk lesu.

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Tak sampai dua pekan, Polres Lampung Utara akhirnya dapat menangkap para pelaku pencurian dengan modus memecahkan kaca mobil di Jalan Ahmad Akuan, Rejosari, Kotabumi. Kedua pelaku ditangkap di Provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu pada Sabtu (12/11/2021).

“Penangkapan kedua tersangka berkat kerja sama dengan pihak Polres Bengkulu,” jelas Kapolres Lampung Utara, AKBP Kurniawan Ismail kepada wartawan, Senin (15/11/2021).

Adapun kedua tersangka yang ditangkap itu ialah Andriansyah (31), warga Sumatera Selatan dan Agung Rinaldi (25), warga Provinsi Bengkulu. Keduanya berhasil membawa kabur uang sebesar Rp164 juta milik Anton Cawis Utomo pada Senin (1/11/2021).

“Para tersangka memang sudah mengikuti korban sejak di bank tersebut,” katanya.

Ia menuturkan, penangkapan atas keduanya berkat penyelidikan yang dilakukan oleh mereka tak lama setelah kejadian itu. Saat penyelidikan berlangsung, pihaknya mendapat kabar adanya penangkapan pelaku pencurian di daerah Jakarta. Setelah didalami, para pelaku juga pernah beraksi di Lampung Utara.

Para tersangka ini telah dua kali beraksi, yakni di Jakarta dan Lampung Utara. Anggota komplotan mereka sendiri berjumlah enam orang. Keempat rekan tersangka, NAS, RON, NAN, dan AB sudah lebih dulu diamankan oleh pihak kepolisian di Jakarta. Barang bukti yang diamankan dari keduanya satu unit sepeda motor, uang hasil kejahatan di Lampung Utara sebesar Rp13 juta,

Di lain sisi, Agung mengatakan, dari hasil kejahatannya di Lampung Utara, ia mendapat bagian sebesar Rp20 juta. Rencananya, uang itu akan dipergunakan untuk biaya kuliahnya dan adiknya.

“Kalau di Jakarta, saya dapat bagian Rp50 juta,” terang dia.

Sebelumnya, bermaksud menambal ban mobil yang bocor, uang ratusan juta milik Anton Cawis Utomo (30) dibawa kabur pencuri di Jalan Ahmad Akuan, Rejosari, Lampung Utara, Senin (1/11/2021).

Pelaku dengan leluasa menggondol uang korban setelah memecahkan kaca kiri belakang mobil. Uang itu tersimpan di jok bagian belakang mobil minibus milik korban.

Menurut‎ Anton yang tercatat sebagai warga Dusun III Margorejo, Desa Margorejo, Kotabumi Utara ini, sebelum kejadian, ia baru saja menarik uang sebesar Rp164 juta dari sebuah bank. Uang tersebut disimpannya di dalam sebuah tas.

“Tas itu saya letakan di bawah jok belakang. Rencananya uang itu untuk membeli karet,” kata dia.

  • Bagikan