Beranda News Peristiwa Ini Penjelasan BMKG Soal Gempa Bumi di Lampung Utara

Ini Penjelasan BMKG Soal Gempa Bumi di Lampung Utara

203
BERBAGI
Petugas BMKG Lampung Utara menunjukan pusat gempa pada Senin pagi, 21 Januari 2019.

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Gempa bumi dengan skala 4.4 SR melanda Kabupaten Lampung Utara, Senin (21/1/2019) sekitar pukul 06.16 WIB. Gempa itu terjadi di lokasi pada jarak 11 KM Barat Daya dengan kedalaman 181 KM

‎”Benar, gempa bumi dengan skala 4.4 SR terjadi di Lampung Utara pada pukul 06.16 WIB. Dan tidak berpotensi tsunami,” kata Pengamat Meteorologi dan Geofisika (PMG) di Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampura, Quart Ferina, Senin pagi.

Berdasarkan analisis mereka, gempa bumi itu terjadi di lokasi dengan ‎koordinat episenter 4.90 LS dan 104.70 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 11 km Barat Daya Lampung Utara. Gempa itu terjadi di kedalaman 181 km.

Penyebab gempa bumi ‎disebabkan adanya induksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia dan terjadi deformasi batuan hingga memicu terjadinya gempa.

Gempa bumi yang baru saja melanda ini merupakan gempa bumi kedalaman menengah dilihat dari kedalaman hiposenternya. Dengan demikian, gempa susulan diperkirakan tidak akan melebihi besaran gempa sebelumnya.

“Kalau gempa ini gempa utama maka gempa susulan tidak sebesar ini,” urainya.

Ia menuturkan, pihaknya akan selalu memantau perkembangan terkini pasca gempa bumi ini.‎ Sebab, gempa – gempa susulan kemungkinan besar akan terjadi. Ia juga meminta warga untuk tidak panik dan tidak mudah percaya dengan berita hoax seputar gempa susulan.

“Karena ini termasuk gempa kedalaman menengah, kami minta warga tidak panik dan jangan mudah percaya dengan kabar bohong,” tegasnya.

Loading...