Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Ini Penyebab Tanggal Surat SPMT PNS Lampung Utara Berbeda-beda

Ini Penyebab Tanggal Surat SPMT PNS Lampung Utara Berbeda-beda

217
BERBAGI
Bupati Agung Ilmu Mangkunegara dan Wakil Bupati Sri Widodo memberikan keterangan usai acara penyerahan SK CPNS,Senin, 1 April 2019.
Bupati Agung Ilmu Mangkunegara dan Wakil Bupati Sri Widodo memberikan keterangan usai acara penyerahan SK CPNS,Senin, 1 April 2019.

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Lampung Utara membenarkan kemungkinan terjadinya ‎tanggal Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas (SPMT) yang tidak sama antar CPNS satu dengan lainnya. Alasannya, penerbitan SPMT merupakan wewenang masing – masing instansi dari tempat para CPNS bekerja.

‎”Yang menerbitkan SPMT itu adalah pimpinan instansi dari masing – masing CPNS itu. Jadi, enggak menutup kemungkinan tanggal terbit SPMT-nya tidak sama,” kata Abdurahman, di kantor BKPSDM, Rabu (26/6/2019).

Secara tersirat, Abdurahman mengatakan, setiap SPMT ‎yang diterbitkan itu sedianya tidak harus sama dengan tanggal Surat Keputusan Pengangkatan sebagai CPNS. Para CPNS yang mempersoalkan urusan gaji bulan April ini baru menerima SK pada 1 April lalu.

“Sementara ini, kami masih menunggu SPMT dari para CPNS itu untuk diverifikasi,” paparnya.

Selasa (25/6/2019), sejumlah CPNS yang baru menerima Surat Keputusan pengangkatan pada 1 April lalu terlihat mendatangi kantor BKPSDM. Mereka ingin mempertanyakan kejelasan gaji bulan April yang diklaim belum diterima oleh mereka. Sempat terjadi pertemuan antara petinggi – petinggi BKPSDM, BPKA, dan para CPNS untuk membahas persoalan ini.

‎Hasilnya diketahui belum dibayarkannya gaji itu dikarenakan para CPNS belum mengumpulkan SPMT mereka ke BKPSDM. Gaji bulan April ini sendiri akan dibayarkan kepada mereka yang mengantongi SPMT tertanggal 1 April.

“Pada prinsipnya, gaji bulan April‎ dari para CPNS siap dibayarkan sepanjang sesuai dengan aturan yang ada,” kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) Lampung Utara, Desyadi.

Menurut Desyadi, belum dibayarkannya gaji dari para CPNS ini dikarenakan para CPNS tersebut belum mengumpulkan Surat Pernyataan Melaksanakan Tugas (SPMT) kepada mereka melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKSDM).

Data yang masuk dari BKPSDM itu nantinya akan mereka pilah sesuai dengan ‎aturan. Merujuk aturan Badan Kepegawaian Negara (BKN) nomor : K 28-30/V 235-6/06 perihal penetapan Surat Keputusan pengangkatan CPNS dari tenaga hononer yang mendahului penetapan NIP CPNS tertanggal 2 Agustus 2010, gaji akan dibayarkan jika CPNS telah melaksanakan tugas sesuai SPMT.

Kendati demikian, masih ada persyaratan lagi yang harus dipenuhi oleh setiap CPNS untuk mendapat gaji di bulan berjalan meski telah mengantongi SPMT. SPMT mereka itu haruslah dibuat pada tangg‎al 1. Di luar tanggal itu, gaji mereka akan dibayarkan pada bulan berikutnya.

‎”Merujuk pada poin ke-8 dalam aturan tersebut, SPMT yang dibuat di luar tanggal 1 tidak dapat dibayarkan di bulan berjalan alias dibayarkan pada bulan berikutnya,” urai bapak dua putri tersebut

Loading...