Ini Persamaan dan Perbedaan Xiaomi Mi Pad 5 dengan Xiaomi Mi Pad 5 Pro

  • Bagikan
Xiaomi Mi Pad 5 Pro/Foto: net

TERASLAMPUNG.COM —  Salah satu model tablet terbaru dari Xiaomi yaitu Mi Pad 5 Pro ternyata tidak dijual di Indonesia. Dalam peluncuran virtual yang diadakan pada September 2021 lalu, pihak Xiaomi mengumumkan bahwa model tablet yang dipasarkan hanya Mi Pad 5.

Salah satu alasannya karena faktor perbandingan harga. Xiaomi Mi Pad 5 Pro dibanderol lebih mahal daripada Xiaomi Mi Pad 5. Namun, bagaimana review spesifikasi keduanya? Apa persamaan dan perbedaannya? Simak ulasannya berikut ini.

Desain

Hal pertama yang biasanya diperhatikan calon pembeli adalah desain perangkat tersebut. Umumnya, perangkat yang lebih mahal ditampilkan dengan desain yang lebih mewah dan elegan. Hal ini tidak berlaku pada seri Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro. Keduanya ternyata memiliki desain yang tidak berbeda sama sekali.

Material tablet bagian depan pada perangkat terbuat dari kaca, sedangkan rangka dan bagian belakangnya terbuat dari bahan aluminium. Keduanya juga memiliki kesamaan dari segi dimensi, yaitu 254,7 mm x 166,3 mm x 6,9 mm. Untuk bobot, ada sedikit perbedaan, yaitu Mi Pad 5 seberat 511 g dan Mi Pad 5 Pro seberat 515 g.

Perbedaan lainnya dari segi warna. Xiaomi Mi Pad 5 ditawarkan dengan warna yang lebih variatif, yaitu hitam, putih, dan hijau. Sementara itu, Xiaomi Mi Pad 5 Pro hanya memiliki warna hitam dan putih.

Chipset

Performa merupakan faktor selanjutnya yang perlu diperhatikan saat akan membeli perangkat elektronik. Untuk ponsel atau tablet, chipset atau SoC yang digunakan sangat berpengaruh. Xiaomi Mi Pad 5 menggunakan chipset Snapdragon 860 dari Qualcomm, sedangkan Mi Pad 5 Pro memakai Snapdragon 870 dari asal yang sama.

Dari segi performa, Snapdragon 870 lebih unggul daripada Snapdragon 860. Hal ini bisa dilihat dari pemakaian arsitektur yang modern serta clockspeed dengan tingkat lebih tinggi. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena keduanya sebenarnya termasuk dalam kelompok SoC yang berkemampuan apik.

Kamera

Tidak seperti pada ponsel, fungsi kamera pada sebuah tablet bisa dibilang bukan yang utama. Pengguna biasanya menggunakan kamera untuk keperluan mendasar seperti memotret dokumen atau melakukan komunikasi standard.

Kamera yang disematkan pada Xiaomi Mi Pad 5 Pro bisa dibilang lebih lengkap daripada Mi Pad 5. Pada Mi Pad 5, Anda hanya akan menemukan dua kamera, yaitu kamera belakang dengan resolusi 13 MP dan kamera depan dengan resolusi 8 MP.

Sementara itu, kamera belakang Mi Pad 5 Pro ada dua. Untuk versi 5G, ada kamera utama 50 MP dan kamera depth sensor 5 MP. Kamera utama belakang pada versi lainnya, yaitu WiFi memiliki resolusi lebih rendah, yaitu 13 MP. Untuk bagian depan, resolusi kamera keduanya sama dengan Mi Pad 5 yaitu 8 MP.

Konektivitas

Konektivitas merupakan faktor pembeda utama pada kedua perangkat ini. Keunggulan Xiaomi Mi Pad 5 Pro adalah adanya konektivitas 5G atau WiFi 6 yang mendukung perangkat. Sementara itu, Bluetooth 5.2 disematkan untuk membantu transfer data antar perangkat.

Sebaliknya, pengguna Xiaomi Mi Pad 5 harus puas dengan konektivitas 4G. Selain itu, tablet ini juga tidak dibekali dengan slot untuk kartu SIM. Dukungan pada konektivitas WiFi dan Bluetooth bisa dibilang lebih rendah daripada versi Pro.

Perbedaan lainnya adalah ketersediaan GPS. Alat navigasi ini hanya tersedia pada Mi Pad 5 Pro versi 5G. Jika tablet ingin digunakan sebagai GPS, Anda tentu harus memilih versi 5G.

Memori

Memori yang tersedia di Mi Pad 5 dan Mi Pad 5 Pro terbilang cukup memadai. Untuk Mi Pad 5, ada dua pilihan memori, yaitu 6 GB RAM dengan 128 GB ruang penyimpanan internal serta 6 GB RAM dengan ruang penyimpanan internal 256 GB. Sementara itu, pada Mi Pad 5 Pro, selain kedua pilihan tersebut, ada pula varian 8 GB RAM dengan ruang penyimpanan internal 256 GB.

Hal yang perlu diperhatikan adalah keduanya tidak memiliki slot untuk microSD. Jadi, pengguna hanya bisa memaksimalkan ruang penyimpanan internal yang telah disediakan dari pabriknya. Karena itu, menentukan pilihan terbaik antara opsi 128 GB dan 256 GB sangat penting.

Baterai

Bagian terakhir yang tak kalah penting adalah ketahanan baterai. Untuk pengalaman penggunaan yang lebih baik, baterai yang awet merupakan hal yang sangat penting. Nah, jika dibandingkan antara Xiaomi Mi Pad 5 dan Xiaomi Mi Pad 5 Pro, mana yang lebih baik?

Ternyata, Mi Pad 5 lebih baik sedikit karena memiliki kapasitas 8.720 mAh. Sementara itu, Mi Pad 5 Pro memiliki kapasitas 8.600 mAh. Hanya saja, teknologi pengisian daya di Mi Pad 5 Pro lebih kencang daripada yang terdapat pada Mi Pad 5. Artinya, proses pengisian daya pada baterai pun akan lebih cepat.

Nah, inilah perbandingan antara Xiaomi Mi Pad 5 Pro dengan Xiaomi Mi Pad 5. Ada sejumlah persamaan dan perbedaan yang membuat keduanya bersaing secara ketat. Bagi yang ingin menikmati berbagai fitur yang tersedia di tablet ini, Anda bisa berburu Mi Pad 5 di Blibli dengan harga mulai 5-6 jutaan. Semoga bermanfaat!

  • Bagikan