Beranda Virus Corona Ini Riwayat Perjalanan Tiga Pasien Positif Virus Corona di Lampung

Ini Riwayat Perjalanan Tiga Pasien Positif Virus Corona di Lampung

504
BERBAGI
Kepala Dinas Kesehatan Lampung, Reihana, menjelaskan riwayat pasien virus corona nomor 02 yang meninggal di RSU Abdul Moeloek Bandarlampung, Senin dini hari (30/3/2020).
Kepala Dinas Kesehatan Lampung, Reihana, menjelaskan riwayat pasien virus corona nomor 02 yang meninggal di RSU Abdul Moeloek Bandarlampung, Senin dini hari (30/3/2020).

TERASLAMPUNG.COM — Kepala Dinas Kesehatan Lampung, Reihana, Jumat petanf (3/4/2020), menjelaskan riwayat perjalalanan tiga pasien yang sudah dinyatakan positif virus corona pada Kamis lalu (2/4/2020). Tiga pasien itu adalah nomor 09, 10, dan 11.

Dengan bertambahnya tiga pasien, berarti saat ini ada 11 pasien positif virus corona di Lampung. Dari 11 itu, 8 di antaranya adalah dan tiga perempuan. Satu di antaranya, yaitu pasien meninggal dunia.

Menurut Reihana, pasien nomor 09 adalah seorang laki-laki berusia 54 tahun, warga Bandarlampung. Nomor 10 seorang laki-laki warga Lampung Barat, sedangkan nomor 11 seorang wanita, warga Lampung Tengah.

“Nomor 09 memiliki riwayat perjalanan pernah ikut tabligh akbar di Malaysia. Nomor 10 pernah mengikuti tabligh akbar di Gowa, Sulawesi Selatan. Sedangkan pasien nomor 11 adalah orang yang baru pindah dari Bekasi ke Lampung Tengah,” kata Reihana.

Dari 11 pasien positif virus corona yang di Lampung, diduga semuanya memiliki riwayat perjalanan pernah berkunjung ke daerah yang diidentifikasi sebagai zona merah penyebaran virus corona.

Yang menjadi persoalan: sejauh ini Dinas Kesehatan Lampung tidak menjelaskan secara gamblang tentang riwayat perjalanan satu per satu pasien positif corona. Hanya beberapa pasien yang disebutkan riwayatnya.

Berikut data 11 Pasien Positif Corona di Lampung:

Pasien nomor 01, yang saat ini masih dirawat di RSU Abdul Moeloek Bandarlampung, memiliki riwayat pernah berkunjung ke Bogor untuk ikut seminar.

Pasien nomor 02 (pria, 35 tahun) yang meninggal beberapa hari lalu, memiliki riwayat perjalanan ke Jakarta, Yogyakarta, dan Palembang.

Pasien nomor 03 (laki-laki), 35, adalah seorang pemandu wisata yang diduga memiki kontak dengan orang asing yang baru dibawanya ke Lampung. Ia dinyatakan sudah negatif alias sembuh.

Pasien 04, seorang laki-laki berusia 54 tahun, warga Bandarlampung.

Pasien 05 perempuan, warga Bandarlampung, dalam kondisi sehat tetapi masih berstatus positif corona.

Pasien 06 laki-laki 11 tahun, warga Bandarlampung, kondisi sehat tetapi masih positif corona.

Pasien nomor 07 seorang pria berusia 30 tahun, warga Bandarlampung, dalam kondisi sehat tetapi masih positif.

Pasien nomor 08 seorang perempuan berusia 53 tahun, warga Bandarlampung.

(Pasien nomor 05, 06, 07, dan 08 , menurut data yang diterima Dinas Kesehatan Lampung, masih satu keluarga. Namun, hingga saat  ini tidak ada data riwayat perjalanan pasien 05, 06, 07, dan 08. Upaya konfirmasi yang dilakukan wartawan untuk meminta konfirmasi kepada Kepala Dinas Kesehatan Lampung tidak berbalas).

Pasien nomor 09, laki-laki berusia 54, warga Bandarlampung. Ia memiliki riwayat perjalanan baru saja ikut tabligh akbar di Malaysia.

Pasien nomor 10 seorang laki-laki berusia 71 tahun, warga Lampung Barat. Ia memiliki perjalana baru saja ikut tablig akbar di Gowa, Sulawesi Selatan.

Pasien nomor 11 seorang perempuan berusia 21 tahun, warga Lampung Tengah, ia baru pindah dari Bekasi. Ia kini dirawat di RSUD Demang Sepulau Raya, Gunungsugih, Lampung Tengah.

Penulis: Dewira
Penyunting: Oyos Saroso H.N.

Loading...