Ini Rumah Sakit di Bandarlampung yang Bisa Lakukan Rapid Test

  • Bagikan
Kadis Kesehatan Kota Bandarlampung Edwin Rusli.
Kadis Kesehatan Kota Bandarlampung, Edwin Rusli.

TERASLAMPUNG.COM —Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Edwin Rusli Bandarlampung mengatakan, untuk melakukan rapid test antigen di Kota Bandarlampung baru bisa dilakukan di Rumah Sakit (RS) Bumi Waras dan RS Advent.

“Setahu saya baru di dua rumah sakit yang bisa melakukan rapid test antigen dan biayanya berbeda-beda di Bumi Waras Rp350 ribu sedangkan RS Advent Rp275 ribu,” katanya, usai mengikuti rapat di Pemkot Bandarlampung, Selasa, 22 Desember 2020.

Menurutnya, mungkin akan ada rumah sakit lain yang bisa melakukan rapid test antigen.

Edwin Rusli menambahkan, tahun depan kemungkinan tiga puskesmas yang ada di Kota Bandarlampung bisa melakukan rapid test antigen.

“Untuk puskesmas ada rencana tapi kita lagi beli alatnya kemungkinan tahun 2021 dan puskesmas yang ditunjuk yaitu Puskesmas Way Halim, Way Kandis dan Suka Maju,” ungkapnya.

Menurut  Edwin Rusli rapid test antigen yang menurutnya rapid test antigen memiliki akurasi 80 persen atau mendekati akurasi swab (90 persen), sedangkan rapid test biasanya akurasinya 40 sampai 50 persen.

“Proses rapid test antigen yang baru ini cukup diambil sample air liurnya kemudian diperiksa 5 sampai 10 persen sudah diketahui hasilnya apakah orang tersebut terkonfirmasi atau tidak,” katanya.

Dandy Ibrahim

  • Bagikan