Beranda News Pelayanan Publik Ini Tampilan Terbaru Kereta Api Sriwijaya Jurusan Tanjungkarang-Kertapati

Ini Tampilan Terbaru Kereta Api Sriwijaya Jurusan Tanjungkarang-Kertapati

896
BERBAGI
Interior Kereta Api Sriwijaya baru jurusan Tanjungkarang-Kertapati.
Interior Kereta Api Sriwijaya baru jurusan Tanjungkarang-Kertapati.

TERASLAMPUNG.COM — PT KAI Tanjungkarang meresmikan pengoperasian Kereta Api Sriwijaya jurusan Stasiun Tanjungkarang (Lampung) – Kertapati (Sumsel) berpenampilan baru dengan bodi stainless steel, Minggu petang, 26 Mei 2019. Executive Vice President (EVP) Divre IV Tanjungkarang, Sulthon Hasanudin, mengatakan kehadiran kereta api yang lebih nyaman dibanding KA Sriwijaya versi lawas ini untuk memberikan kenyamanan bagi para pemudik Idul Fitri 2019.

Fasilitas terbaru dari kereta stainless steel ini antara lain:  di tiap kursi penumpang terdapat footrest dan meja lipat dengan fasilitas tatakan piring, gelas, dan gantungan atau hanger. Ada juga jack audio yang ditempatkan di masing-masing kursi kereta sehingga memungkinkan untuk setiap penumpang dapat mendengar dan menikmati acara yang sedang ditampilkan di TV di setiap kereta.

Selain itu, setiap kereta terdapat TV sebanyak 4 buah, masing masing 2 televisi ukuran besar di tiap tiap ujung kereta dan 2 televisi ukuran sedang yang terletak di tengah kereta

Ada juga perubahan desain toilet. Biasanya toilet pada KA posisinya  di setiap ujung kereta, namun pada kereta Sriwijaya Stainless Stell ini toilet  hanya di satu ujung kereta saja dengan pilihan 2 jenis toilet yakni toilet duduk dan jongkok yang dilengkapi dengan cermin, wastafel, shower, flushing button, kaca ventilasi, exhaust fan, dan lampu.

Pintu didesain seperti pintu lipat, sehingga  untuk membuka dan menutupnya dengan cara mendorong dan menarik bagian lipatan yang membagi 2 pintu tersebut. Selain itu dilengkapi dua indikator toilet yang berfungsi sebagai informasi toilet sedang digunakan atau tidak (indikator berwarna merah artinya sedang digunakan dan indikator hijau menunjukkan sebaliknya).

Fasilitas lainnya adalah adanya CCTV di setiap kereta. CCTV ini memantau setiap aktivitas penumpang di dalam kereta. Selain itu interior AC di kereta stainless memungkinkan penyebarannya lebih merata.

Untuk fasilitas penerangan, dilengkapi dengan lampu utama berwarna putih ini terletak di atas lorong dengan konfigurasi 2 baris ke belakang, dilengkapi juga dengan “lampu baca” berwarna kuning yang terdapat di atas kursi dan untuk lampu “modus malam” terletak di samping bagasi dan atas jendela.

Yang menjadi nilai plus untuk kereta stainless ini adalah adanya mushola kecil yang terdapat di Kereta Makan (Restorasi). Mushola kecil ini memungkinkan untuk penumpang muslim melaksanakan shalat selama perjalanan dengan kereta api.

Loading...