Beranda Hukum Narkoba Ini Tanggapan Kapolda Lampung Terkait Dua Perwira Terlibat Narkoba

Ini Tanggapan Kapolda Lampung Terkait Dua Perwira Terlibat Narkoba

676
BERBAGI
Kapolda Lampung, Irjen Pol Suntana didampingi Kabid Propam Polda Lampung, Kombes Pol Hendra Supriatna saat diwawancarai terkait tiga oknum polisi diduga terlibat penyalahgunaan narkoba, usai memimpin acara Sertijab Kapolres Lampung Timur, di Aula Graha Wiyono Siregar, Senin 2 April 2018.
Kapolda Lampung, Irjen Pol Suntana didampingi Kabid Propam Polda Lampung, Kombes Pol Hendra Supriatna saat diwawancarai terkait tiga oknum polisi diduga terlibat penyalahgunaan narkoba, usai memimpin acara Sertijab Kapolres Lampung Timur, di Aula Graha Wiyono Siregar, Senin 2 April 2018.

Zainal Asikin | Teraslampung.com

BANDARLAMPUNG — Kapolda Lampung, Irjen Pol Suntana,menegaskan proses penyelidikan terhadap tiga oknum anggota polisi  — dua perwira dan satu bintara– yang diduga terlibat kasus narkoba masih terus berjalan.

Menurut Kapolda Lampung, saat ini kasus yang mencorng korps kepolisian itu tengah ditangani oleh Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) Polda Lampung.

“Mengenai penangananya, itu sudah ada aturannya. Kalau memang benar anggota terlibat penyalahgunaan narkoba, akan kita proses terkait dengan disiplinnya oleh petugas Bidang Propam Polda Lampung dan sejauh ini pemeriksaan masih berjalan,”ujarnya didampingi Kabid Propam Polda Lampung, Kombes Pol Hendra Supriatna saat diwawancarai usai memimpin acara Sertijab Kapolres Lampung Timur, di Aula Graha Wiyono Siregar, Senin 2 April 2018.

Dikatakannya, saat ini petugas masih menyelidiki seperti apa keterlibatan ketiga oknum polisi tersebut, apa sebagai pengguna atau lebih dari itu.

“Kalau sudah diketahui jelas seperti apa keterlibatannya, sanksi pasti akan diberikan, sesuai dengan perbuatan yang dilakukan oleh oknum tersebut,”terangnya.

Mengenai jabatan oknum tersebut, kata Irjen Pol suntana, jika memang dari hasil pemeriksaannya terlibat, sesuai SOP-nya maka oknum anggota tersebut sementara waktu akan diberhentikan dari jabatannya.

“Agar konsen dalam pemeriksaan, keduanya akan dinonjobkan. Terkait dengan hasil tes urine, silahkan tanya saja ke penyidiknya,”pungkasnya.

BACA: Diduga Terlibat Narkoba, Dua Perwira dan Satu Bintara Diamankan Propam Polda Lampung

Diketahui, Bidang Profesi dan Pengamanan (Bid Propam) Polda lampung, mengamankan tiga oknum anggota polisi bersama enam warga sipil saat berada di tempat hiburan malam Karaoke Tanaka di jalan Yos Sudarso, Telukbetung Selatan, pada Jumat 30 Maret 2018 dinihari lalu. Penangkapan tersebut, diduga terkait penyalahgunaan narkoba.

Dalam penangkapan itu, salah satu anggota polisi berinisial HA berpangkat bintara yang bertugas di Satintelkam Polresta bandarlampung melarikan diri, sedangkan dua oknum polisi perwira berhasil diamankan. Dua oknum anggota polisi yang diamankan tersebut, anggota Binkum Polda Lampung berinisial HZ berpangkat Ipda dan Kapolsek di Lampung Tengah berinisial YG berpangkat Kompol.

Setelah dilakukan tes urine, kedua oknum perwira tersebut positif mengkonsumsi narkoba. Sedangkan untuk oknum anggota polisi berinisial HA yang berhasil kabur, dapat diamankan oleh petugas Propam Polda lampung pada keesokan harinya, Sabtu 31 Maret 2018 lalu. Hasil tes urinenya pun, positif mengandung narkoba.

Sementara untuk keenam warga sipil yang turut diamankan di tempat hiburan malam Karaoke Tanaka dinihari lalu, hasil tes urine mereka positif menggunakan narkoba dan saat ini diamankan di Direktorat Reserse Narkoba Polda Lampung untuk dilakukan pemeriksaan dan penyelidikan lebih lanjut.