Beranda Views Kisah Lain Ini Tips Cawabup Lamsel Antoni Imam Sembuh dari Covid-19

Ini Tips Cawabup Lamsel Antoni Imam Sembuh dari Covid-19

972
BERBAGI
Antoni Imam melakukan isolasi mandiri di rumah.

Zainal Asikin | Teraslampung.com

LAMPUNG SELATAN—Bakal calon wakil bupati Lampung Selatan, Antoni Imam dinyatakan sembuh (negatif) dari Covid-19. Kesembuhan politisi PKS dari virus Covid-19 tersebut, dengan dibuktikannya adanya hasil pemeriksaan kedua swab orofaring dan nasofaring dari Instalasi Laboratorium Patologi Klinik Rumah Sakit Umum Abdul Moeloek (RSUAM) tertanggal 18 September 2020.

Sesuai revisi ke-5 dari Kemenkes RI tentang pedoman pencegahan dan pengendalian Covid-19, untuk pasien tanpa gejala tidak memerlukan rawat inap di Rumah Sakit dan pasien tersebut harus menjalani isolasi mandiri selama 10 hari. Apabila sudah selesai melakukan isolasi mandiri selama 10 hari, maka yang bersangkutan dikatakan sudah selesai isolasi.

Kepada tersalampung.com, Antoni Imam menceritakan awal kisahnya bagaimana dirinya terpapar virus Covid-19, dan selama ia menjalani isolasi mandiri selama 14 hari di rumahnya hingga sampai akhirnya ia dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Menurutnya, ia tidak mengetahui secara pasti dimana ia terpapar virus Covid-19. Ia menduga, terkena virus itu lantaran sering bolak-balik Lampung-Jakarta untuk mengurus syarat rekomendasi dirinya maju di Pilkda serentak 2020 sebagai calon wakil bupati Lampung Selatan berpasangan dengan Pak Tony Eka Candra.

Begitu dinyatakan reaktif Covid-19 dari hasil swab PCR RSUAM, kata Mas Anton sapaan Akrabnya, saat itu juga ia langsung melakukan isolasi mandiri di kediamannya di Jalan Jahe, Desa Sidorejo, Kecamatan Sidomulyo. Ia melakukan isolasi mandiri tersebut, di salah satu ruangan khusus dan ruangan itu terpisah dari keluarga.

“Alhamdulilah, saya sembuh dari Covid-19. Selama 14 hari menjalani isolasi mandiri, banyak masukkan dan suppot untuk saya baik dari keluarga, teman-teman dan masyarakat Lamsel. Saya diberi tips supaya minum air putih hangat dicampur dengan minyak kayu putih, lalu minum madu, makan-makanan bergizi serta istirahat yang cukup. Tidak hanya itu saja, saya juga rutin olahraga setiap pagi selama menjalani isolasi,”ucapnya, Sabtu (19/9/2020).

Anggota DPRD Provinsi Lampung dua periode dari fraksi PKS ini juga menceritakan, selama menjalani isolasi mandiri banyak hikmah yang dirasakan yakni dengan memperbanyak istighfar, sholat, membaca Al-quran hingga khatam dan berdoa kepada Allah SWT atas hikmah tersebut. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Lampung Selatan dan para netizen, yang telah memberikan dorongan semangat dan mendoakan dirinya agar lekas sembuh dari virus Covid-19.

“Adanya Covid-19 ini bukanlah aib, tapi harus membuat kita untuk senantiasa menyatukan banyak hati yang saling menguatkan. Selain itu juga, agar kita lebih peduli lagi terhadap protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19 tersebut,”ungkapnya.

Tidak hanya itu saja, lanjut mantan wakil ketua DPRD Lampung Selatan ini, sebagai upaya pencegahan virus Covid-19, pintu-pintu masuk menuju Provinsi Lampung harus diperketat lagi karena masih banyak yang lengah sehingga pelaku perjalanan sangat rentan terpapar Covid-19.

“Saya berharap, pintu masuk khususnya Pelabuhan Bakauheni perlu diperketat lagi begitu juga dengan pintu-pintu masuk lainnya di Provinsi Lampung agar penyebaran virus Covid-19 tidak makin meluas dan tidak ditemukannya adanya cluster baru lagi,”harapnya.

Dikatakannya, setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19, ia mengaku siap untuk mengikuti tahapan Pilkada berikutnya dalam memenuhi syarat pencalonan kepala daerah Pilkada serentak 9 Desember 2020 mendatang, yakni dengan melakukan pengecekan kesehatan serta berkoordinasi dengan KPU Lampung Selatan.

Berdasarkan peraturan KPU nomor 1 tahun 2020 tentang perubahan ke-3 atas PKPU nomor 3 tahun 2017 tentang pencalonan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati atau Walikota dan Wakil Walikota, pada pasal 4 menyebutkan salah satunya adalah mampu secara jasmani, rohani dan bebas dari penyalahgunaan narkotika berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan menyeluruh dari tim dokter yang terdiri dari dokter, ahli psikologi dan Badan Narkotika Nasional (BNN).

“Untuk memenuhi syarat berikutnya, saya bersama pak Tony akan mengikuti tes psikiatri di RS Kurungan Nyawa dan pemeriksaan kesehatan lengkap di RS Abdul Moeloek. Kepada semua pihak, saya mohon doanya dapat mengikuti tahapan berikutnya dengan hasil yang baik tanpa kendala apapun,”ungkapnya.

Dia menambahkan, akan terus mengkampanyekan anjuran pemerintah akan pentingnya menjalankan protokol kesehatan kepada masyarakat seperti menggunakan masker, jaga jarak, rajin cuci tangan pakai sabun, gunakan handsanitizer, makan bergizi, rajin olagraga dan masyarakat tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat.

Jauh sebelumnya atau pada saat awal pandemi Covid-19, ia selalu mengampanyekan protokol kesehatan. Hal itu dilakukan, saat dirinya menyambangi masyarakat yang terkenda dampak ekonomi ditengah wabah pandemi Covid-19 sembari memberikan nasi cinta dan mendoakan agar wabah virus Covid-19 segera berlalu.

“Pada saat memasuki masa-masa kampanye nanti, harus tetap menjalankan protokol kesehatan. Begitu juga dengan tim pemenangan, mereka juga wajib menerapkan protokol kesehatan dan tidak boleh abai akan hal tersebut,”pungkasnya.

Loading...