Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Ini Tujuh Ruas Jalan di Kabupaten Lampung Utara

Ini Tujuh Ruas Jalan di Kabupaten Lampung Utara

388
BERBAGI
Pelaksana Tugas Kepala Bidang Bina Marga di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Lampung Utara, ‎Rio Alaska

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–‎Total jalan nasional dan ‎Provinsi Lampung di Kabupaten Lampung Utara mencapai 20 ruas. Rinciannya, 7 ruas jalan nasional, dan 13 ruas jalan provinsi

“Jalan di Lampung Utara terbagi ke dalam tiga klasifikasi, yaitu jalan nasional, jalan provinsi dan jalan kabupaten,” terang Pelaksana Tugas Kepala Bidang Bina Marga di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Lampung Utara, ‎Rio Alaska, Kamis (18/6/2020).

Ke-7 jalan nasional itu masing – masing, yakni ruas jalan Simpangempang-Bukitkemuning, ruas jalan Raden Intan, ruas Jalan Simpang Kota Kotabumi-Kelapa VII, ruas Jalan Simpang Kota Kotabumi-Terbanggi Besar, ruas Jalan Jenderal Sudirman.

Sementara ruas jalan Provinsi Lampung, yakni ruas Jalan Pekurun Udik-Ajikagungan, ruas Jalan Abungraya Barat, ruas Jalan Abungraya Timur, ruas Jalan Kotabumi-Bandarabung, ruas Jalan Bandarabung-Bandarsakti, ruas Jalan Bandarabung-Simpangtujok, ruas Jalan Negararatu-Simpangtujok, ruas Jalan Simpangtujok-Panaraganjaya, ruas Jalan Kotabumi-Ketapang, ruas Jalan‎ Ketapang-Negararatu, ruas Jalan Negararatu-Gunungbetuah.

“Lalu, ruas Jalan Negararatu-Simpang Soponyono, ruas Jalan Bukitkemuning-Simpangasem,” jelasnya.

‎Sesuai dengan klasifikasinya tersebut maka wewenang pengelolaannya pun terbagi ke dalam tiga klasifikasi. Jalan nasional dikelola oleh pemerintah pusat, dan jalan provinsi dikelola oleh pemerintah provinsi, serta jalan kabupaten dikelola oleh daerah.

Klasifikasi jalan inilah yang membuat pihaknya dan daerah lainnya tidak dapat melakukan perbaikan jalan nasional atau provinsi. Meskipun kadangkala kerusakannya cukup parah, namun mereka tidak dapat melakukan perbaikan.‎

“Kalau bukan jalan kabupaten, kami enggak bisa memperbaikinya. Kami hanya bisa mengusulkannya saja ke pemerintah pusat atau provinsi,” kata dia.