Beranda News Pilbup Ini yang akan Dilakukan Edy-Pai untuk Kawal Pilkada Lambar

Ini yang akan Dilakukan Edy-Pai untuk Kawal Pilkada Lambar

471
BERBAGI
Edy Irawan (kiri, baju putih) dalam sebuah kegiatan sosialisasi. (Foto: dok)

TERASLAMPUNG.COM — Kampanye pilkada Lampung Barat masih berlangsung. Debat Publik calon Bupati-Wakil Bupati Lambar sudah digelar KPU. Sementara itu, menjelang tahap pemungutan suara, persaingan para pasangan kandidat makin kencang.

Selain adu strategi memenangkan hati calon pemilih, para kandidat juga adu strategi untuk mengawal proses pilkada agar tidak terjadi kecurangan. Untuk yang satu ini, pasangan Edy Irawan – Ulul Azmi Soltiansa (Edy-Pai) sudah menyiapkan aplikasi. Rencanya, aplikasi itu akan diluncurkan pada 22 Januari mendatang.

Edy mengatakan, aplikasi ini dilatarbelakangi niat agar pilkada berjalan dengan fair, dengan semangat jujur dan adil.

“Pasangan Edy-Pai memilih untuk membuka jalan kepada semua tim sukses dan pendukung serta masyarakat untuk bersama-sama menghindari kecurangan untuk Lambar yang dahsyat,” kata Edy, lewat akun medsos miliknya, Jumat (13/1/2017).

Menurut Edy, aplikas ini merupakan cara menekan potensi kecurangan dengan melakukan integrasi berbagai data dalam sebuah aplikasi yang akan ditampung dalam www.kawaledipai.com.

“Web ini akan diluncurkan pada  22 Januari 2017,” katanya.

Di dalam aplikasi itu akan terbagi menjadi 5 jenis yaitu: Pertama, aplikasi khusus untk menarik data C1 (hasil pilkada dari TPS yang sudah ditandatangani petugas dan saksi) sesuai aturan resmi KPU dimana setiap TPS wajib scanning C1 dan bisa diakses melalui website KPU pusat yang diupload petugas dari KPUD lambar.

Kedua, aplikasi ini juga memungkinkan kita menarik foto (JPEG) form C1 KPUD saat hari H dari 500 lebih TPS melalui saksi yang disiapkan tim edi-pai yang kemudian dinamakan tim alpa. Data ini akan mempermudah kita mengetahui dengan cepat hasil pilkada serta data backup yang jam 5 sore tanggal 15 Februari sudah dapat diakses masyarakat

Ketiga, situs www.kawaledipai.com juga akan dioperasikan oleh 8 ribu saksi diluar TPS yang dibentuk oleh Tim Bravo dan puluhan relawan yg terdaftar di KPUD juga relawan lainnya yang tidak terdaftar,

Keempat, aplikasi ini terbuka jika tim No 2 dan relawannya juga akan memanfaatkan aplikasi ini. Prinsipnya web dan aplikasi ini selain untuk kepentingan penjagaan suara Edy-pai juga bisa dioperasikan dan diakses oleh publik secara umum

“Keempat jenis aplikasi ini memiliki karakteristik yang unik dan berbeda dalam skenario pengoperasian demi keamanan data serta hasil maksimal yang bisa kita dapatkan,” katanya.

Edy mengatakan, aplikasi ini selain menjaga pilkada yang sehat dan bermartabat, juga menjadi aplikasi pertama di dunia dengan konsep game yang menyenangkan  dan sportif sehingga dapat menjadi kampanye positif bagi pasangan Edy-Pai  dengan melibatkan seluruh masyarakat jakarta untuk ikut melaksanakan dan mengawal pilkada yang bermutu.

“Daripada kita bicara kegelapan, marilah kita menyalakan lilin. Agar lampung barat bukan saja akan makmur dan aman tetapi juga terkenal karena pilkadanya yang jurdil,” tandasnya.