Inilah 5 Alasan Kenapa Kamu Harus Bayar Zakat

  • Bagikan
Ilustrasi zakat. Foto: ©Shutterstock
Ilustrasi zakat. Foto: ©Shutterstock

TERASLAMPUNG.COM — Zakat fitrah menjadi salah satu penyempurna ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh. Agama Islam memerintahkan pengikutnya untuk membayar zakat tentunya bukan tanpa alasan. Banyak sekali hikmah yang diperoleh dari ibadah yang satu ini. Lalu, apa saja hikmah zakat?

5 Hikmah Zakat

1. Bentuk Rasa Syukur kepada Allah
Melaksanakan zakat fitrah bisa menjadi salah satu alasan kita mensyukuri nikmat Allah. Dengan memberikan sedikit harta yang kita miliki kepada orang yang membutuhkan. Dalam hal ini, terdapat 8 golongan mustahiq (orang yang berhak menerima zakat fitrah). Melalui zakat fitrah ini, kita bisa belajar mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan kepada kita selama ini.

Orang yang bersyukur, akan diberi kemudahan rezeki oleh Allah. Seperti dalam firman-Nya dalam Al-Qur’an Surah Ibrahim ayat 7 yang artinya:

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (QS. Ibrahim:7)

2. Zakat Fitrah dapat Mensucikan Jiwa

Hikmah pertama yang bisa didapatkan oleh seseorang yang membayar zakat fitrah adalah dapat mensucikan sebagian harta dan jiwanya. Hal ini didasarkan pada firman Allah dalam Al-Qur’an Surah At-Taubah ayat 103:

خُذْ مِنْ اَمْوَالِهِمْ صَدَقَةً تُطَهِّرُهُمْ وَتُزَكِّيْهِمْ بِهَا وَصَلِّ عَلَيْهِمْۗ اِنَّ صَلٰوتَكَ سَكَنٌ لَّهُمْۗ وَاللّٰهُ سَمِيْعٌ عَلِيْمٌ

Artinya: “Ambil lah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersih kan dan mensucikan mereka dan berdoa lah untuk mereka. Sesungguhnnya do’a kamu itu ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. At-Taubah [9] : 103)

BACA JUGA:   Kementerian Perindustrian Siapkan Pendidikan Vokasi bagi Siswa SMK

Di bulan Ramadhan yang penuh berkah, dan Allah menjanjikan akan melipatgandakan amal pahala kebaikan pada bulan ini, bisa menjadi kesempatan untuk menyucikan jiwa melalui zakat fitrah. Pasalnya, zakat fitrah bisa dibayarkan mulai memasuki bulan Ramadhan sampai sebelum shalat Idulfitri.

3. Membersihkan Harta

Hikmah membayar zakat selanjutnya selain dapat menyucikan jiwa yaitu membersihkan harta. Karena bisa jadi, dalam proses memperoleh harta untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, barangkali bercampur dengan sesuatu yang dilarang oleh syariat.

Misalnya saja dalam proses jual beli, ada seorang pelanggan yang merasa terpaksa membeli barang dagangannya, sehingga pembeli tersebut tidak ikhlas 100%. Hal ini juga bisa menjadi kerikil dalam memperoleh keberkahan harta. Memang hukum harta tersebut tidak haram, namun terdapat proses yang kurang baik.

Untuk menyikapi ini, kita bisa menyisihkan sedikit harta yang kita punya untuk membayar zakat. Meskipun salah satu hikmah zakat adalah untuk menyucikan harta, namun ini tidak serta merta dapat difungsikan oleh harta yang diperoleh dengan cara yang diharamkan, seperti hasil korupsi, mencuri, dan lain sebagainya.

4. Bentuk Kepedulian Terhadap Sesama

Islam tidak hanya menganjurkan untuk mengerjakan ibadah mahdhah, yang terikat dengan rukun dan syarat seperti shalat, zakat, dan puasa. Akan tetapi, Islam juga mengajarkan untuk melakukan ibadah ghairu mahdhah seperti menolong sesama, dan berbuat baik lainnya.

BACA JUGA:   Raup 46 Suara, Prof. Hasriadi Mat Akin Terpilih sebagai Rektor Unila

Meskipun dalam hal ini zakat termasuk dalam kategori ibadah mahdhah yang terikat dengan rukun dan syarat tertentu, akan tetapi dalam pelaksanaannya zakat merupakan salah satu bentuk solidaritas dan kepedulian kita terhadap saudara sesama muslim yang kurang membutuhkan.

Apalagi di tengah pandemi covid-19 yang sedang kita rasakan belakangan ini. Manfaat dan hikmah zakat akan sangat terasa sekali bagi kalangan masyarakat menengah ke bawah. Sehingga dalam pelaksanaannya, zakat fitrah diharapkan mampu menolong beban kesulitan mereka.

5. Sarana Berbagi Kebahagiaan Sesama Umat Muslim

Pada masyarakat Indonesia, zakat fitrah biasanya dibayarkan akhir bulan Ramadhan sebelum shalat Idul Fitri, baik diserahkan secara langsung kepada mustahiq (golongan yang berhak menerima zakat) atau melalui lembaga zakat. Hal ini juga dapat menolong masyarakat yang kurang mampu untuk dapat merasakan nikmatnya hari raya dengan makan bersama sanak saudaranya.

Itulah lima hikmah zakat fitrah yang wajib Anda ketahui. Untuk mengetahui berbagai literasi zakat wakaf yang paling lengkap dan update, Anda bisa mengikuti akun instagram @literasizakatwakaf maupun mensubscribe akun YouTube Literasi Zakat Wakaf. Yuk, ikuti sekarang juga!

 

  • Bagikan