Beranda News Jurnalisme Warga Inilah Jalan Kotagajah – Punggur Lampung Tengah yang Rusak Parah

Inilah Jalan Kotagajah – Punggur Lampung Tengah yang Rusak Parah

1614
BERBAGI
Jalan hancur lebur di Lampung Tengah

LAMPUNG TENGAH–Jalan yang biasa digunakan untuk perlintasan dari wilayah Punggur ke Kotagajah atau sebaliknya kini Tak seperti dahulu, kurangnya perhatian dari pemerintah setempat memaksa kondisi bahu jalan rusak parah. lubang jalan semakin membesar, sehingga saat turun hujan, air menggenang memenuhi lubang. Sehingga, kondisi jalan licin ketika dilalui. Tak jarang kecelakaan lalu lintas terjadi di sepanjang jalan ini.

Begitu pula saat cuaca panas, jalan yang kini sudah tak terlihat lagi aspalnya debu debu beterbangan ketika dilalui, ini tentunya mengganggu pernapasan pengendara.

Masyarakat yang dahulunya bepergian dari kotagajah ke metro atau sebaliknya kini sudah jarang melalui jalan kotagajah punggur. Masyarakat lebih memilih melintasi jalan alternatif Pekalongan, Kabupaten Lampung Timur. Padahal, saat malam tiba jalan pekalongan menjadi rawan aksi kriminalitas.

Trayek bus hanya melayani jurusan gayabaru-kotagajah-metro dan sebaliknya. Tidak ada bus yang melayani perjalanan Rajabasa langsung ke Gayabaru ataupun Gayabaru ke Rajabasa. Semua perjalanan harus “oper” bus di terminal kota metro, padahal di terminal kota belum tentu ada bus yang siap melayani penumpang, terkadang penumpang harus menunggu samapi sekitar 3 jam.

Menjadi dilema untuk bus besar melayani jasa angkutan langsung melewati jalan ini. Karena biaya perawatan akan tinggi jika dipaksakan melalui jalan kotagajah punggur.

Untuk menjadi perhatian pemerintah kabupaten lampung tengah dalam pembangunan di kawasan ini, mengingat gayabaru-kotagajah-punggur adalah titik perekomian yang terbilang cukup di Lampung Tengah, selain dari terbanggi besar yang memang adalah pusat partumbuhan utama Lampung Tengah.

Selain itu juga wilayah di sepanjang jalan raya Kotagajah-Punggur mobilitas penduduk cukup tinggi. Dengan adanya infrastruktur yang baik, kegiatan ekonomi kawasan ini akan berkembang dengan baik, sehingga kabupaten lampung tengah memiliki pusat perekonomian lain selain kecamatan terbanggi besar.

Jika tidak direalisasikan perbaikan jalan di kawasan ini, bisa jadi jalan raya kotagajah punggur akan hilang dari peta google map.

Sumber: yudaxsmansaga.blogspot.com. Tulisan ini juga dimuat di kompasiana.com

Loading...