Beranda Politik Inilah Kader Demokrat yang Berpeluang Menjadi Ketua DPRD Lampung Utara

Inilah Kader Demokrat yang Berpeluang Menjadi Ketua DPRD Lampung Utara

746
BERBAGI
Herwan Mega

Feaby Handana | Teraslampung.com

Kotabumi — Kader Partai Demokrat yang bakal menempati posisi tertinggi di lembaga legislatif Lampung Utara mulai menjadi perbincangan hangat di kalangan masyarakat. Hal itu mengingat seluruh kader PD yang ada di lembaga legislatif memiliki peluang yang sama sepanjang memenuhi kriteria yang ditetapkan.

Berdasarkan sejumlah kriteria–loyalitas, suara terbanyak, kader partai–para kandidat itu, Teraslampung.com mencoba ‎mengurutkan kandidat yang memenuhi kriteria secara keseluruhan atau hanya sebagian.

‎Urutan teratas ternyata ditempati oleh Wansori. Wansori  meraih suara tertinggi (4.070 suara) dibanding enam kandidat lainnya. ‎Selain meraih suara terbanyak, Wansori juga terlihat cukup loyal terhadap partai.

Di urutan kedua, terdapat nama Herwan Mega (Wakil Ketua II DPRD Lampura). Meskipun raihan suaranya menempati urutan ketiga besar (3.233), namun Herwan Mega saat ini menjabat Sekretaris DPC Demokrat. Ia juga terlihat cukup loyal dengan partainya.

Urutan ketiga ditempati oleh Joni Bedyal. Ini jika dilihat dari raihan suara terbanyak kedua sesudah Wansori. Joni juga terlihat loyal dan kader PD, serta telah satu kali menjadi sebagai anggota DPRD.

Selanjutnya, ada nama Romli. Kader PD yang berasal dari daerah pemilihan Lampung Utara dua. Romli diketahui dua kali (2009-2014, 2014-2019/PAW) terpilih sebagai anggota DPRD dan terlihat cukup loyal serta kader PD. Meski demikian, raihan suara ‎Romli hanya menempati posisi lima besar di bawah Edi Sarnobi.

Setelah Romli, lalu ada Rendy Apriansyah, Ketua Fraksi PD di DPRD Lampung Utara periode sekarang. Meski menempati urutan buncit dalam perolehan suara, namun yang bersangkutan juga terlihat memenuhi dua kriteria seperti loyalitas dan kader PD.

Wansori

Selanjutnya, ada nama Edi Sarnobi dan Juljani. Meski sama – sama berpeluang untuk dipercaya sebagai ‎Ketua DPRD, namun peluang keduanya diyakini terbilang kecil jika dibandingkan dengan lima kandidat lainnya. Alasannya, keduanya merupakan pendatang baru di kancah perpolitikan Lampung Utara.


“Sebuah kehormatan tak terhingga bagi saya jika memang Partai Demokrat mempercayakan saya untuk memegang amanah sebagai ketua DPRD, tentu saya siap menerima dan menjalan dengan baik amanah itu,” kata Wansori.

Begitupun dengan Herwan Mega. Orang nomor dua di PD Lampung Utara ini juga menyatakan kesiapannya jika diberi amanah sebagai Ketua DPRD untuk periode 2019-2024.

“Amanah itu kepercayaa‎n yang harus dijalankan dan dijaga. Seratus persen saya siap menerima dan menjalankannya,” terangnya.

Sayangnya, kelima kandidat lainnya‎ belum berhasil dikonfirmasi terkait kesiapan dan kesediaan mereka ihwal ini.

‎Sebelumnya, Ketua DPC Partai Demokrat, M. Yusrizal mengatakan, pihaknya akan segera melakukan rapat internal untuk menjaring tiga nama potensial yang dinilai paling layak untuk menempati posisi tertinggi di lembaga legislatif Lampura.

“Dalam pekan ini, kami akan adakan rapat internal untuk membahas hal itu,” paparnya melalui ponselnya.

Sesuai mekanisme, setiap kader yang akan diusulkan itu harus memenuhi kriteria yang ada. Pelbagai kriteria itu di antaranya harus loyal terhadap partai, kader partai, dan ‎suara terbanyak. ‎Dengan pelbagai kriteria itu maka semua kader (calon terpilih anggota DPRD dari Partai Demokrat) memiliki peluang yang sama untuk menempati posisi paling bergengsi di DPRD Lampura tersebut.

“Semua kader punya peluang yang sama sesuai dengan mekanisme yang ada,” tutur dia.

Loading...