Beranda Hukum Inilah Kronologi Rusuh Lampung Tengah yang Menyebabkan Puluhan Rumah Dibakar

Inilah Kronologi Rusuh Lampung Tengah yang Menyebabkan Puluhan Rumah Dibakar

296
BERBAGI

LAMPUNG TENGAH, Teraslampung,com– Hingga Sabtu tengah malam (27/11) penyebab pasti kerusuhan di Dusun Tanjugrejo, Kampung Tanjugharapan, Kecamatan Anaktuha, Kabupaten Lampung Tengah belum diketahui secara pasti. Polda Lampung dan Polres Lampung Tengah masih melakukan pengumpulan data dengan memeriksa sejumlah saksi.

Berikut kronologi kerusuhan di Tanjungharapan berdasarkan keterangan polisi dan sejumlah saksi:

Minggu, 23/11/2014:  Angga Wira Yuda dan Kurnia Jaya, dua warga Dusun I Tanjungrejo, Kampung Tanjungharapan, Kecamatan Anaktuha, Lampung Tengah (Lamteng) menghilang. Kedua remaja itu dikabarkan menghilang setelah meminjam handphone kepada Edi, warga Dusun II Tanjungrejo, Kampung Tanjungharapan.

Kamis, 27/11/2014 sekitar pukul 15.00 WIB beberapa warga Dusun I mencari warganya yang hilang ke Dusun II. Warga Dusun II mengaku tidak mengetahui keberadaa Angga dan Kurnia. Warga juga mengaku tidak menahu soal kaitan peminjaman HP dengan hilangnya dua remaja dusun tetangga.

Ketika warga Dusun II sedang melakukan pencarian Rangga dan Kurnia di Dusun II, seorang warga Dusun I melihat bercak darah berada di sekitar gardu. Warga Dusun I langsung menduga hal buruk telah terjadi pada Angga dan Kurnia. Mereka menduga bercak darah itu berasal dari luka kedua warga yang menghilang.

Sekitar pukul 16.00 WIB, warga Dusun I mulai melakukan perusakan dan pembakaran rumah milik warga Dusun II. Warga Dusun II yang takut, kemudian menyelematkan diri degan cara lari meninggalkan rumahnya. Mereka mengungsi ke ke Kampung Kuripan, Kecamatan Padangratu, Lamteng.

Pukul 16.30: Rumah-rumah kosong yang ditinggalkan warga Dusun II makin membuat warga Dusun 1 beringas. Mereka pun terus membakar sejumlah rumah. Menjelang pukul 17.00 setidaknya sudah ada 20-an rumah dibakar puluhan warga  Dusun II.

Pukul 17.00, anggota Polres Lamteng dan polsek rayonisasi tiba di lokasi kejadian. bersamaan dengan itu, jumlah warga Dusun 1 yang menyerang Dusun II makin banyak. Imbauan Kapolres Lampung Tengah agar massa menghentikan aksinya tidak dihiraukan. Warga Dusun 1 terus membakari rumah,
21.00: Tercatat ada 30 rumah hangus terbakar. Massa dari Dusun I “menguasai’ Dusun II. Hingga Kamis tengah malam (27/11) suasana di Dusun 2 masih mencekam. Hingga Jumat pagi (28/11) warga Dusun II belum berani pulang ke kampungnya. Mereka mengungsi kampung tetangga yang mereka anggap aman.

Sumber: Polda Lampung, Polres Lampung Tengah, saksi mata.

Berita Terkait: Bentrok di Lampung Tengah Diduga karena Salah Paham
Baca Juga: Lampung Tengah Membara, Puluhan Rumah Warga Dibakar Massa