Beranda Teras Berita Inilah Lima Stasiun TV Musuh Kebebasan Pers Menurut AJI

Inilah Lima Stasiun TV Musuh Kebebasan Pers Menurut AJI

219
BERBAGI

JAKARTA, Teraslampung.com — Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia menetapkan beberapa penanggung jawab media sebagai musuh kebebasan pers 2014.  Musuh kebebasan pers 2014 tersebut yakni penanggung jawab  RCTI, MetroTV, TVOne, Global TV dan MNC. Mereka dinilai banyak melanggar kode etik pada selama Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2014.

Ketua Umum AJI Indonesia, Eko “Item” Maryadi, mengatakan selama perhelatan Pemilu Legislatif 9 April 2014 dan Pilpres 9 Juli 2014 lalu, AJI mencatat pelanggaran etika termasuk aturan penyiaran oleh media yang berpolitik. Para penanggung jawab lembaga penyiaran itu bukan hanya menyulap berita pers jadi propaganda politik dan partisan, tapi juga menyeret wartawan ke konstetasi politik yang tajam.

“Sejumlah wartawan bahkan mau dibeli sebagai tukang fitnah dan pemecah belah opini publik. Dan setelah masyarakat terbelah akibat pemberitaan media, mereka tidak bertanggung jawab,” kata Eko dalam malam peringatan HUT AJI ke-20 di Jakarta, Jumat (22/08/2014).

Menurut Item, musuh kebebasan pers merupakan kelompok atau pihak yang melakukan kekerasan atau mengancam kebebasan pers.  Praktik yang dilakukan sejumlah lembaga penyiaran itu, menurut Item, telah menciderai kebebaran pers. Apalagi, mereka nyata-nyata memakai frekuensi publik.

AJI menetapkan musuh kebebasan pers sejak 2009 lalu. Musuh kebebasan pers pada 2013 adalah TNI.

Loading...