Beranda Pendidikan Inilah Mobil Ambulans Tenaga Surya Pertama di Indonesia Karya Siswa SMK Muhammadiyah...

Inilah Mobil Ambulans Tenaga Surya Pertama di Indonesia Karya Siswa SMK Muhammadiyah 3 Metro

1065
BERBAGI
Mobil ambulans tenaga surya karya para siswa SMK Muhammmadiyah 3 Metro.

TERASLAMPUNG.COM — Ada pemandangan menarik di sela-sela acara Olimpiade Ahmad Dahlan di Lapangan Saburai, Bandarlampung, 26-29 Oktober 2017 lalu. Di salah satu sudut lapangan, terlihat mobil ambulans berwarna hijau bertuliskan Surya Baswara.

Itu adalah mobil ambulans tenaga surya pertama di Indonesia yang dihasilkan para siswa SMK Muhammadiyah 3 Metro. Proses perakitan hingga menjadi mobil ambulans yang siap layak pakai butuh waktu empat bulan.

Mobil yang diwujudkan empat siswa SMK Muhammadiyah Metro dan seorang guru pendamping itu menjadi tontonan para peserta Olimpiade Ahmad Dahlan karena wujudnya yang unik. Mobil bertenaga surya itu ramah lingkungan karena tidak memakai bahan bakar untuk menjalankannya.

Di arena Olimpiade Ahmad Dahlan di Bandarlampung itulah untuk kali pertama mobil yang dirancang khusus sebagai ambulans  sekolah itu dipamerkan kepada khalayak umum.

Pada kesempatan itu, Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P berkesempatan meresmikan peluncurannya. Tidak hanya Mendikbud yang bangga. Kepala SMK Muhammadiyah 3 Metro Khoeroni pun bangga terhadap prestasi para siswanya.

Dalam test drive yang pertama kali dilakukan, mobil Surya Baswara dapat menembus kecepatan hingga 60 Km/Jam dan menempuh jarak 50 Km dari Kota Metro dan finish di Kota Bandar lampung.

Layaknya sebuah ambulans, mobil tersebut juga dilengkapi dengan berbagai alat kesehatan untuk selalu siap dengan keadaan Gawat Darurat tersebut.

Sinar matahari dapat menyalakan mesin Surya Baswara setelah menyinari empat buah solar cell yang terdapat di atap mobil tersebut.

sumber: sangpencerah.id

Loading...