Beranda Ruwa Jurai Lampung Utara Inilah Tiga Sertifikat Warisan Budaya tak Benda untuk Lampung Utara

Inilah Tiga Sertifikat Warisan Budaya tak Benda untuk Lampung Utara

197
BERBAGI
Inilah Tiga Sertifikat Warisan Budaya tak Benda untuk Lampung Utara
Kadisdik Provinsi Lampung, Sulpakar menyerahkan sertifikat ‎penetapan warisan budaya tak benda kepada Plh. Sekkab Lampura, Sofyan

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Pemkab Lampung Utara menerima ‎sertifikat penetapan tiga warisan budaya tak benda dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Sertifikat ini diserahkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, di Aula Siger kantor Pemkab, Rabu (28/11/2018).

Tiga sertifkat itu adalah untuk Nyubuk Majew, Sebambangan, dan Cangget Agung. Dengan demikian, hak paten untuk budaya ini sudah menjadi milik Lampung Utara dan tidak dapat dipatenkan oleh daerah lain.

Sulpakar mengatakan, pada 10 Oktober lalu, Pemerintah Provinsi Lampung menerima sertifikat dari Kemendikbud dan Lampung Utara ada di dalamnya.

“‎Kami berharap tiga warisan budaya tak benda ini terus disosialisasikan dan dikembangakan agar warisan budaya tak benda ini tidak punah,” imbaunya.

Pelaksana Harian Sekretaris Kabupaten Lampung Utara, ‎Sofyan, mengatakan, keberadaan sertifikat ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi wilayahnya. Sebab, selain untuk melestarikan kebudayaan, sertifikat ini juga menjadi bukti nyata sumbangsih Lampung Utara dalam bidang kebudayaan untuk Pemprov Lampung.

“Kebudayaan itu merupakan warisan dari nenek moyang maka sudah selayaknya kita semua melestarikan dan bahkan mengembangkannya supaya dapat terus dinikmati oleh generasi selanjutnya,” kata dia.

Loading...