Beranda Views Opini Inovasi dan Layanan Informasi Cuaca BMKG

Inovasi dan Layanan Informasi Cuaca BMKG

443
BERBAGI

Oleh Eka Suci Puspita Wulandari
Prakirawan BMKG Lampung

Sedikit bercerita kebelakang ditahun 1985 ketika Film yang berjudul “Back to The Future” rilis singkat cerita pemeran utama di film ini bersahabat dengan seorang profesor yang jenius. Profesor jenius ini membuat sebuah mobil yang bisa melintasi waktu. Keduanya sepakat untuk melintasi waktu dan maju 30 tahun mendatang tepatnya di tahun 2015 untuk melihat bagaimana keadaan di tahun 2015 tersebut. Setibanya di tahun 2015 ketika akan turun dari mobil kondisi cuaca pada saat itu hujan, pemeran utamanya berkata kepada profesor sambil melihat jam tangannya “10 menit lagi hujan akan berhenti prof”. Pemeran utama di film ini berangan angan bahwa di tahun 2015 cuaca sudah bisa diprediksi hanya dengan melihat jam tangan.

Hanya selisih 1 tahun, tepatnya di tahun 2016 Apple meluncurkan sebuah produk jam tangan yang bernama Minute Cast yang bekerja sama dengan Accu Weather dimana jam tangan ini dilengkapi dengan pemodelan cuaca dengan resolusi yang tinggi yang bisa memprediksi kapan hujan akan turun, kapan hujan akan berhenti dalam skala menit. Luar biasa perkembangan teknologi saat ini, namun sayangnya jam tangan ini masih dipasarkan di wilayah Amerika dan juga Kanada. Intinya adalah jangan pernah takut untuk bermimpi karena kedepannya semuanya sangat mungkin untuk terjadi kita hanya perlu terus belajar dan belajar mengikuti perkembangan zaman.

Apa yang akan dilakukan oleh BMKG kedepannya ? Saat ini BMKG sudah menjalankan produk prakiraan cuaca yang skalanya kecamatan dari yang sebelumya skala kabupaten. Namun baru di awal tahun 2019 produk ini bisa dinikmati untuk seluruh wilayah Indonesia, saat ini baru beberapa wilayah yang sudah menerapkan prakiraan cuaca level kecamatan ini. Berikutnya ada produk yang juga sedang digarap adalah peringatan dini berbasis dampak, kedepannya peringatan dini yang dikeluarkan BMKG akan disertai dengan potensi potensi dampak yang bisa dihasilkan dari kejadian yang diberi peringatan tersebut sehingga masyarakat dan juga instansi terkait akan lebih mudah untuk mengambil langkah mitigasi.
Berikutnya adalah yang saat ini sudah berjalan yaitu prakiraan cuaca dalam skala probabilitas. Sebelumnya prakiraan cuaca BMKG berbunyi pada sore hari berpotensi hujan ringan, nah saat ini sudah bisa berbunyi pada sore hari berpotensi hujan ringan dengan tingkat keakuratan sebesar 70% tentunya akan lebih meyakinkan masyarakat yang menerima informasi.

Apa yang membuat GOJEK, GRAB, KFC, dan sebagainya bisa bertahan sampai saat ini ? Kepuasan pelanggan menjadi kuncinya. Bagaimana kita bertahan dalam waktu yang lama adalah dengan menjaga kepuasan konsumen dan terus diiringi dengan melakukan inovasi layanan. Ini juga yang menjadi perhatian utama dalam BMKG bagaimana supaya masyarakat lebih mudah menerima informasi yang kami keluarkan, salah satu langkah yang diambil adalah turut aktif di media sosial seperti instagram dimana mayoritas generasi milenial berada disini setiap harinya mulai pagi hingga malam hari.

Melalui instagram ini kami di BMKG mencoba menawarkan produk informasi yang formatnya infografis sehingga generasi milenial ini akan lebih tertarik dengan produk informasi cuaca jika kemasannya menarik tidak monoton. Sampai saat ini respon dari generasi milenial cukup baik karena gaya komunikasi di instagram juga bebas tidak kaku sehingga komunikasi berjalan 2 arah dengan baik. Harapan kami generasi milenial menjadi semakin peduli dengan cuaca dan juga mitigasi bencana sebab merekalah yang kedepannya menjadi ujung tombak Indonesia di masa yang akan datang.

Selain terus melakukan inovasi tidak lupa BMKG juga melakukan verfikasi produk yang dikeluarkan tujuannya untuk menjaga kualitas dan mutu produk itu sendiri. Target BMKG saat ini adalah keakuratan sebuah produk adalah minimal 70%-80% kedepannya standar ini akan terus ditingkatkan untuk menjaga kepuasan konsumen terhadap produk yang dikeluarkan oleh BMKG. Generasi milenial yang peduli cuaca itu dijamin keren banget deh pokoknya.

Loading...