Inspektorat Lampung Utara Bidik Kasus Miliaran Dana Simpan Pinjam Abung Tengah

Kantor Inspektorat Lampung Utara
Kantor Inspektorat Lampung Utara
Bagikan/Suka/Tweet:

Feaby|Teraslampung.com

Kotabumi–Inspektorat Lampung Utara mulai mendalami persoalan Dana simpan pinjam yang nilainya mencapai miliaran rupiah di Kecamatan Abung Tengah. Sejumlah petinggi Badan Kerja Sama antar Desa di sana telah diperiksa oleh mereka.

“‎Hari ini, pihak yang diperiksa baru Ketua dan Bendahara BKAD. Pemeriksaan ini terkait dana simpan pinjam di Kecamatan Abung Tengah,” kata Inspektur Pembantu Khusus di Inspektorat Lampung Utara, M. Ridho Al-Rasyidi, Rabu (9/3/2022).

Pemeriksaan ini untuk mengetahui aliran dana simpan pinjam yang dikelola ‎Unit Pengelola Kegiatan/UPK. Nilai dana simpan pinjam yang berasal dari bekas Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat/PNPM itu mencapai miliaran rupiah.

“UPK ini sendiri merupakan perpanjangan tangan dari BKAD,” jelasnya.

Mantan Camat Sungkai Barat ini kembali mengatakan, pemeriksaan atas persoalan ini dilakukan atas permintaan dari Camat Abung Tengah. Yang bersangkutan meminta mereka untuk melakukan audit khusus mengenai dana tersebut.

Adapun dasar permintaan tersebut dikarenakan masa kepengurusan BKAD sebelumnya telah habis, sedangkan di sisi lain, administrasi pertanggungjawaban mereka masih belum jua rampung. Akibatnya, pihak kecamatan belum dapat menetapkan kepengurusan BKAD yang baru.

“Pemeriksaan selanjutnya yang telah diagendakan ialah memanggil pengurus UPK,” papar dia.

Terpisah, Camat Abung Tengah, Kasim membenarkan telah meminta audit khusus mengenai persoalan dana tersebut. Tujuannya supaya persoalan mengenai dana ini dapat menemui titik terang.

“Sudah berulang kali saya panggil mereka, tapi ada saja alasannya tidak hadir dalam rapat untuk membahas persoalan ini,” katanya.