Beranda Teras Berita Iran Klaim Tembak Jatuh “Drone” Israel

Iran Klaim Tembak Jatuh “Drone” Israel

179
BERBAGI
Situs Natanz (dok AP)

TEHERAN, Teraslampung.com — Garda Revolusi elite Iran mengklaim telah menembak jatuh pesawat tak berawak (drone) Israel di atas situs pengayaan uranium Natanz di pusat Iran,  Minggu  (24/8).

“Pesawat yang jatuh itu jenis siluman, bermaksud menembus batas area nuklir di Natanz, tapi menjadi dihantam rudal sebelum berhasil memasuki daerah tersebut,” lapor ISNA, kantor berita Iran, pada laman Al-Jazeera.

“Tindakan ini menunjukkan petualangan baru rezim Zionis. Garda Revolusi dan angkatan bersenjata lainnya berhak menanggapi tindakan ini,” tambah pernyataan itu.

Natanz adalah situs pengayaan uranium utama Iran. Program nuklir Iran telah menjadi target upaya spionase dan sabotase di masa lalu. Pada tahun 2010, disebutkan virus Stuxnet mengganggu pengoperasian ribuan sentrifugal, komponen kunci dalam produksi bahan bakar nuklir di Natanz.

Iran mengatakan serangan virus komputer lain merupakan bagian dari upaya terpadu dari Israel, Amerika Serikat dan sekutu-sekutunya untuk melemahkan program nuklir Teheran melalui operasi rahasia.

Israel tidak pernah berkomentar tentang tuduhan itu, tetapi secara luas diyakini telah terlibat dalam serangan virus Stuxnet. Sejak itu, Iran juga mengatakan telah menemukan bahan peledak ukuran mini ditanam di sentrifugal, tetapi dapat dijinakkan sebelum meledak.

Pejabat militer Iran di Teheran mengatakan, pihaknya juga berhasil menangkap beberapa pesawat tak berawak AS yang melanggar wilayah udara negara itu di masa lalu. Pada tahun 2011, Iran mengklaim menangkap mata-mata canggih CIA jenis drone RQ-170 Sentinel dan kemudian dirakit ulang oleh Iran.

sumber: mirajnews.com/aljazeera

Loading...