Beranda News Internasional Israel Buka Kembali Masjid Al-Aqsa

Israel Buka Kembali Masjid Al-Aqsa

192
BERBAGI
Umat muslim berkumpul untuk menjalani solat Ied di Masjid Al Aqsa, Yerusalem, 15 Juni 2018. ( Mostafa Alkharouf - Anadolu Agency )
Umat muslim berkumpul untuk menjalani solat Ied di Masjid Al Aqsa, Yerusalem, 15 Juni 2018. ( Mostafa Alkharouf - Anadolu Agency )

YERUSALEM —Otoritas Israel membuka kembali kompleks Masjid Al Aqsa di Yerusalem Timur pada Sabtu.

Lewat sebuah pernyataan, otoritas wibawa Jerusalem-religius Yerusalem mengatakan bahwa salat subuh berlangsung tepat waktu di dalam masjid setelah pemerintah Israel menutup situs itu selama beberapa jam.

Kompleks itu ditutup pada Jumat malam setelah tentara Israel menembak mati seorang Arab Israel yang dicurigai mencoba menikam seorang petugas polisi di dekat salah satu gerbang masjid.

Direktur Masjid Al Aqsa Syekh Omar Kiswani mengatakan bahwa Israel telah menjadikan penutupan situs suci itu sebagai kejadian biasa.

Dalam sebulan terakhir, polisi Israel telah menutup kompleks Al Aqsa dua kali.

Bagi umat Muslim, Al-Aqsa merupakan situs tersuci ketiga dunia. Orang-orang Yahudi menyebut daerah itu sebagai “Bukit Bait Suci”, mengklaim itu adalah situs dari dua kuil Yahudi di zaman kuno.

Israel menduduki Yerusalem Timur selama Perang Timur Tengah 1967, sebelum akhirnya menguasai seluruh wilayah kota pada tahun 1980, dan mengklaimnya sebagai ibu kota negara Yahudi – sebuah langkah yang tidak pernah diakui oleh masyarakat internasional.

Anadolu