Itera dan KI Lampung Kolaborasi Dukung Keterbukaan Informasi

  • Bagikan

TERASLAMPUNG.COM — Institut Teknologi Sumatera (Itera) melalui Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) sepakat berkolaborasi dengan Komisi Informasi (KI) Provinsi Lampung dalam melaksanakan keterbukaan informasi publik di perguruan tinggi. Sebagai kampus berbasis sains dan teknologi, Itera diharapkan menjadi kampus percontohan dalam menciptakan teknologi dan inovasi di bidang layanan informasi publik yang sesuai kebutuhan zaman.

Kesepakatan untuk saling kolaborasi tersebut disampaikan Ketua Komisi Informasi (KI) Lampung, Ir. Ahmad Alwi Siregar, saat menerima audiensi Tim PPID Itera, di Kantor KI Lampung, Jumat, 25 Juni 2021.

Ketua KI Lampung juga didampingi personel lengkap komisioner KI Lampung:  Erizal, Dery Hendryan, , Syamsurrizal,  dan Muhammad Fuad.

Perwakilan Tim PPID Itera, Rudiyansyah, menyampaikan kunjungan tersebut adalah dalam rangka memperkuat kolaborasi antara ITERA dan KI Lampung yang selama ini turut mendukung pelaksanaan keterbukaan informasi di ITERA. Kolaborasi dibutuhkan, karena meski perguruan tinggi negeri baru, ITERA sejak awal berkomitmen untuk melaksanakan keterbukaan informasi sesuai amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008. Saat ini, ITERA juga menyandang status badan publik dengan predikat menuju informatif dari Komisi Informasi Pusat.

BACA JUGA:   Ini Hasil Rekaman Gerhana Bulan Total Tim Observatorium Astronomi Itera

“Pimpinan ITERA sangat berkomitmen mendukung keterbukaan informasi publik yang saat ini dikelola oleh PPID ITERA, untuk itu kami perlu berkolaborasi dengan berbagai pihak, terutama KI Lampung,” ujar Rudiyansyah.

“ITERA sejak awal berkomitmen untuk melaksanakan keterbukaan informasi sesuai amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008. Saat ini, ITERA juga menyandang status badan publik dengan predikat menuju informatif dari Komisi Informasi Pusat.”

Dari pertemuan tersebut, beberapa kolaborasi dengan KI Lampung dalam waktu dekat akan dilakukan Itera, mulai dari penguatan PPID Itera, sosialiasi, hingga menggandeng multistakeholder dalam pengembangan PPID Itera. Sebagai pendukung, PPID Itera juga saat ini telah mengembangkan teknologi pelayanan informasi publik, mulai dari website, hingga aplikasi berbasis android.

BACA JUGA:   Observatorium Astronomi Itera akan Amati Gerhana Bulan Total

Ketua KI Lampung, Ir. Ahmad Alwi Siregar, menyampaikan pihaknya sangat mendukung upaya pelaksanaan keterbukaan informasi di Itera. Alwi mendukung kolaborasi yang akan dilakukan PPID Itera, karena dengan terbangunnya kolaborasi yang melibatkan banyak pihak, keterbukaan informasi akan lebih dapat dilakukan dengan baik. Sebagai kampus, Itera juga dapat menginspirasi badan publik lain untuk melakukan keterbukaan informasi.

“Semakin terbuka kaum cendekiawan yang ada di kampus, maka keterbukaan informasi akan semakin menjadi sesuatu yang dipahami dan dilaksanakan di tengah masyarakat,” ujar Alwi.

.com/t/e/teraslampung.com.1193498.js" async>
  • Bagikan