IYDC 2014 di Taman Bumi Kedaton: Merayakan Perbedaan, Berani Ekspresikan Hak

  • Bagikan
Kegiatan IYDC 2014 di Taman Bumi Kedaton Bandarlampung,Senin (15/12). Foto: Teraslampung.com
BANDARLAMPUNG, Teraslampung.com — Aliansi Satu Visi menggelar perayaan keberagaman keterlibatan remaja di bidang pelibatan laki-laki, seksualitas, kesehatan reproduksi, dan hak asasi manusia di Taman Bumi Kedaton, Bandarlampung, 15—17 Desember 2014. Kegiatan yang mengusung isu “Indonesian Youth Diversity Celebration (IYDC): Berani Beda,Ekspresikan Hakmu!’’ itu ‘menghardirkan 30 remaja dan ahli remaja dari berbagai daerah di Indonesia.
“Mereka akan mempresentasikan penelitian,program,dan temuan langsung di lapangan selama tiga hari dalam  berbagi sesi mulai dari plenary,kelas paralel, hinga kelas satelit,” kata Bonitha Merlina, Ketua Aliansi Satu Visi, Senin (15/12).
Menurut Bonitha, kegiatan ini digelar sebagai upaya untuk mempersiapkan para remaja Indonesia menyambut ‘bonus demografi’ pada tahun 2020 mendatang.
“Bonus demografi adalah keadaan dimana penduudk usia produktif berjumlah lebih banyak daripada usia non-produktif.Namun di sisi lain,remaja Indonesia dihadapkan pada tantangan yakni kekerasan terhadap perempuan,HIV,dan kehamilan tidak direncanakan,” katanya.
Bonita mengatakan, remaja Indonesia memiliki potensi besar menjadi agen perubahan.Kami memaksimalkan potensi ini dengan melibatkan remaja dalam gerakan-gerakan penanggulangan kekerasan terhadap perempuan,pencegahan HIV,serta pembuatan kebijakan publik yang ramah bagi remaja.
“Kami yakin erbagai tantangan yang dihadapi remaja bisa ditangani dengan melibatkan remaja secara aktif.IYDC 2014 adalah ajang berbagi kesuksesan dan tantangan remaja Indonesia masa kini,’’ kata dia,
Aliansi Satu Visi adalah sekumpulan 16 organisasi yang bergerak di bidang kesehatan reproduksi seksualitas,HIV dan AIDS,kekerasan berbasis gender, dan remaja.
Aliansi  Satu Visi terbentuk sejak tahun  2010  bertujuan untuk mengadvokasi hak reproduksi dan seksual utamannya adalah perempuan ,remaja , dan kelompok marjinal lainnnya baik di Indonesia maupun di tingkat Internasional sesuai dengan mandate ICPD tahun 1994.Saat ini anggota Aliansi satu Visi tersebar di Jambi, Bengkulu,Lampung,DKI Jakarta,DI Yogyakarta,Jawa Timur, dan Papua.

Oyos HN

  • Bagikan